Kamis 16 Nov 2023 08:16 WIB

Doa Agar Dicukupkan dengan yang Halal

Muslim harus memperbanyak doa untuk meraih ketenangan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tujuan yang ingin dicapai seorang hamba dipenuhi dengan jalan yang halal maupun haram. Maka seorang muslim senantiasa memilih jalan yang halal agar mendapatkan keberkahan. Terdapat doa yang dapat dibaca muslim agar dirinya dicukupkan dengan kehalalan saja.

Berikut doa agar dicukupkan dengan yang halal,

Baca Juga

اللَّهمَّ اكْفِني بحلالِكَ عَن حَرَامِكَ، وَاغْنِني بِفَضلِكَ عَمَّن سِوَاكَ

ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK

(Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari mencari yang haram, dan berikanlah kepadaku kecukupan dengan karunia-Mu sehingga tidak butuh kepada selain-Mu)

Dikutip dari Kumpulan Doa Lengkap Untuk Kebutuhan Hamba Allah terjemahan Abu Zur'ah, Dalilnya ialah

ألا أُعلِّمك كلمات، لو كان عليك مثل جبل صيرٍ دَيْنًا أدَّاه الله عنك؟ قال: قل: اللهم اكفني بحلالك عن حرامك، وأغنني بفضلك عمَّن سواك

Dari Ali radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata kepadanya: "Maukah aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat, seandainya engkau memiliki utang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkannya untukmu? Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ucapkanlah: ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAK (Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari mencari yang haram, dan berikanlah kepadaku kecukupan dengan karunia-Mu sehingga tidak butuh kepada selain-Mu)." HR. At-Tirmidzi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement