Rabu 15 Nov 2023 07:14 WIB

3 Amalan Hati Penopang Ibadah dan Dzikir

Hati akan merasa tenang karena ibadah dan dzikir.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Muslim melaksanakan ibadah dan berdzikir untuk menenangkan hati.
Foto:

Ustadz Abdullah mengatakan, Manakala muslim menjalankan ketaatan, dia berharap Allah berkenan untuk menerimanya dan merasa takut tertolak karena di sana sini masih banyak kekurangan. Sebaliknya ketika terjerumus ke dalam kemaksiatan, maka dia berharap Allah berkenan untuk mengampuni dosa-dosa tersebut, namun juga merasa takut dihukum karena kekurangseriusan kita dalam bertaubat.

Di saat mendapat karunia nikmat, manusia berharap Allah berkenan melanggengkan dan menambah nikmat tersebut serta mengaruniakan taufik agar kita mensyukurinya. Namun juga merasa takut nikmat tersebut dicabut karena kurang mensyukurinya.

Sebaliknya manakala ditimpa musibah, muslim berharap Allah berkenan segera mengakhirinya dan memberi pahala atas kesabaran dalam menghadapinya. Namun juga merasa takut ditimpa dengan kerugian berlipatganda manakala gagal memperoleh pahala musibah karena tidak bersabar.

 

"Tetapi, jangan sampai perasaan takut mengakibatkan kita berputus asa dari rahmat Allah. Begitu pula jangan sampai dominasi rasa harap mengantarkan kita kepada perasaan aman dari siksa Allah," ucap Ustadz Abdullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement