Rabu 15 Nov 2023 00:05 WIB

Pejuang Palestina Baca Surat Al Anfal Ayat 17 Sebelum Tembak Tank Israel, Ini Rahasianya

Allah Maha Mendengar segala permintaan hamba-Nya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Tank Israel bermanuver di dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel selatan, Senin, 13 November 2023.
Foto: AP Photo/Tsafrir Abayov
Tank Israel bermanuver di dekat perbatasan Israel-Gaza, Israel selatan, Senin, 13 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa video yang beredar di YouTube, para pejuang Palestina berhasil menghancurkan tank-tank Israel yang berusaha masuk ke Gaza. Para pejuang dari Brigade Al Qassam melepaskan tembakan peluncur roket antitank atau bazoka.

Dalam sekali bidik, tembakan itu tepat menyasar tank Israel. Yang menarik adalah setiap kali para pejuang Palestina akan melepaskan tembakan ke arah tank-tank Israel, mereka selalu membaca ayat 17 surat Al Anfal.

Baca Juga

فَلَمْ تَقْتُلُوْهُمْ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ قَتَلَهُمْۖ وَمَا رَمَيْتَ اِذْ رَمَيْتَ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ رَمٰىۚ وَلِيُبْلِيَ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْهُ بَلَاۤءً حَسَنًاۗ اِنَّ اللّٰهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: Maka, (sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, melainkan Allah yang membunuh mereka dan bukan engkau yang melempar ketika engkau melempar, melainkan Allah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin dengan kemenangan yang baik.308) Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Al Anfal ayat 17)

 

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

Apa rahasia dari ayat ini?

Dalam tafsir tahlili Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Kementerian Agama dijelaskan sekilas tentang asbabun nuzul (sebab turunnya) ayat ini. Dalam sebuah riwayat yang disampaikan dari sahabat Ibnu Abbas dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah memerintahkan Ali bin Abi Thalib untuk mengambil segenggam tanah.

Sahabat Ali bin Abi Thalib pun mengambilnya dan memberikan kepada Rasulullah. Rasul lalu melemparkan tanah itu kepada orang-orang musyrik. Hingga orang-orang musyrik itu pun tak berdaya dan mengalami kekalahan. Setelah itu turunlah ayat ini.

Kemudian, Allah memberikan penjelasan...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement