Selasa 14 Nov 2023 18:29 WIB

Tafsir Al Maidah Ayat 21: Palestina Tanah yang Dijanjikan untuk Orang Beriman

Kisah tentang Israel telah Allah sebutkan beberapa kali dalam Alquran.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina berjalan melewati sebuah toko di Rafah, Jalur Gaza, selama pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza pada Selasa, 14 November 2023.
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Warga Palestina berjalan melewati sebuah toko di Rafah, Jalur Gaza, selama pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza pada Selasa, 14 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Genosida Israel telah berlangsung selama sebulan lamanya. Israel menolak seruan internasional untuk gencatan senjata.

Kisah tentang Israel, bangsa yang durhaka dan pembuat kerusakan di atas muka bumi, telah Allah sebutkan beberapa kali dalam Alquran.

Baca Juga

Sebagaimana dikisahkan dalam surat Al Maidah ayat 21 bahwa Allah telah mewariskan tanah Palestina untuk manusia yang beriman. Bahkan Allah pernah menjanjikan tanah suci ini kepada Bani Israil dengan syarat mereka mau beriman kepada Allah dan memerangi orang kafir, tapi Bani Israil menolak dan ingkar terhadap perintah Allah.

يٰقَوْمِ ادْخُلُوا الْاَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ الَّتِيْ كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَرْتَدُّوْا عَلٰٓى اَدْبَارِكُمْ فَتَنْقَلِبُوْا خٰسِرِيْنَ

 

Yaa qaumidkhulul-arḍal-muqaddasatal-latii kataballaahu lakum wa laa tartadduu ‘alaa adbaarikum fa tanqalibuu khaasiriin.

Terjemah:

“Wahai kaumku, masuklah ke tanah suci (Baitul Maqdis) yang telah Allah tentukan bagimu dan janganlah berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang-orang yang rugi."

Dalam tafsir Kementerian Agama, Nabi Musa as selanjutnya berkata kepada kaumnya, “Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci, yaitu tanah Palestina yang disucikan dari kemusyrikan karena banyaknya nabi-nabi yang diutus di tanah itu, itulah tanah yang telah ditentukan Allah bagimu dalam ilmu-Nya yang azali untuk memasukinya dan merasakan kedamaian di dalamnya apabila engkau beriman dan taat kepada perintah-Nya, dan janganlah kamu berbalik ke belakang karena takut kepada musuh, nanti kamu menjadi orang yang rugi di dunia dan akhirat karena kamu tidak mempercayai jaminan Allah bahwa tanah itu ditetapkan Allah bagimu untuk memasukinya."

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement