Senin 13 Nov 2023 07:27 WIB

Berikut ini Ungkapan Dzikir yang Sederhana Tapi Dicintai Allah dan Rasul-Nya

Allah mencintai ungkapan dzikir berikut ini untuk diamalkan setiap hari.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdzikir dan berdoa.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi orang berdzikir dan berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat kalimat yang begitu dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yakni tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

"Kalimat yang paling mulia sesudah Alquran adalah tasbih, tahmid, tahlil dan takbir. Banyak dalil yang menjelaskan keistimewaan empat kalimat tersebut," kata Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustaz Abdullah Zaen Lc.,MA melalui pesan Telegram. 

Baca Juga

Ustadz Abdullah menjelaskan, di antara fadilahnya empat kalimat istimewa tersebut ialah:

1. Merupakan kalimat yang paling dicintai Allah ta’ala

"أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللَّهِ أَرْبَعٌ: سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ"

“Kalimat yang paling dicintai Allah ada empat. Subhanallah, alhamdulillah, la ilaha illallah dan Allahu akbar. Tidak masalah engkau memulainya dari manapun”. HR. Muslim dari Samurah bin Jundub.

2. Lebih dicintai Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dibanding dunia seisinya

"لأَنْ أَقُولَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْس"

“Aku bisa mengucapkan subhanallah, alhamdulillah, la ilaha illallah dan Allahu akbar, lebih kucintai dibandingkan dunia seisinya”. HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement