Ahad 12 Nov 2023 16:54 WIB

Ayat Alquran yang Diturunkan Terkait Abu Bakar Secara Khusus, Berikut Tafsirnya

Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang mulia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah pertama Khulafur Rasyidin. Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang mulia
Foto: NET
Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah pertama Khulafur Rasyidin. Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang mulia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Abu Bakar ash-Shiddiq bukan hanya mertua Rasulullah SAW yang sangat mulia, tetapi Abu Bakar juga sekaligus sahabat yang mengamini dakwah Rasulullah SAW sejak awal risalah Islam. 

Kemuliaan ini tergambar dari beberapa ayat Alquran yang secara khusus diturunkan kepada Abu Bakar.  Di antara ayatnya juga ada yang berkaitan dengan sahabat Nabi ﷺ,Abu Bakar as-shiddiq radhiyallahuanhu.  Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

Baca Juga

اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَا فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلى وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَا وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ   

“Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Makkah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS At-Taubah ayat 40) 

 

Berdasarkan Tafsir Al-Muyassar berikut penjelasan mengenai ayat tersebut:  

Wahai sekalian sahabat-sahabat Rasululllah ! Bila kalian tidak berangkat berperang bersamanya ketika kalian diminta berangkat, dan bila kalian tidak menolongnya, maka sungguh Allah telah menguatkannya dan menolongnya pada hari orang-orang kafir dari suku Quraisy mengusirnya dari negerinya (Makkah).

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Disebut Ruh Kudus dalam Alquran?

Dan dia salah seorang dari dua orang (dia dan Abu Bakar ash-Shiddiq), dan mereka memaksa kedunya untuk berlindung di dalam gunung gua tsur di Makkah, di mana dia tinggal di dalamnya selama tiga hari tiga malam, ketika dia berkata kepada sahabatnya (Abu Bakar) yang dia lihat ketakutan mengkhawatirkannya, ”Janganlah bersedih . Sesungguhnya Allah bersama kita dengan pertolongan dan dukungan-Nya.” 

Maka Allah SWT menurunkan ketenangan...

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement