Ahad 12 Nov 2023 16:54 WIB

Ayat Alquran yang Diturunkan Terkait Abu Bakar Secara Khusus, Berikut Tafsirnya

Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang mulia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Abu Bakar Ash-Shiddiq, khalifah pertama Khulafur Rasyidin. Abu Bakar adalah sahabat Rasulullah SAW yang mulia
Foto:

Maka Allah SWT menurunkan ketenangan di hati Rasulullah SAW dan menolongnya dengan bala tentara yang tidak terlihat oleh siapapun dari kalangan manusia. Mereka adalah para malaikat. 

Maka Allah SWT menyelamatkannya dari musuhnya dan Allah menghinakan musuh-musuhnya, dan menjadikan slogan orang-orang kafir rendah. Dan kalimat Allah SWT itulah yang paling tinggi, yaitu dengan meninggikan agama Islam. 

Dan Allah SWT Mahaperkasa dalam kekuasaan-Nya, Mahabijaksana dalam pengaturan urusan-urusan hamba-hamba-Nya. Di dalam ayat ini terdapat petunjuk keutamaan besar bagi abu bakar.   

 Sementara itu, ayat yang kedua yang turun berkaitan dengan Abu Bakar adalah surat al-Lail ayat 17-28. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:   

وَسَيُجَنَّبُهَا الْاَتْقَى الَّذِيْ يُؤْتِيْ مَالَهٗ يَتَزَكّٰى  

“Dan akan dijauhkan darinya (neraka) orang yang paling bertakwa, yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkan (dirinya).” (QS Al-lail ayat 17-18)

Tafsir Li Yaddabbaru Ayatih dari 17-18 yakni menjelaskan bahwa dan di antara contoh yang membedakan antara cinta seseorang karena Allah SWT dan cinta karena selain Allah SWT adalah Abu Bakar as-shiddiq sebagai sahabat Nabi sangat mencintai Rasulullah SAW ikhlas dan ridha karena Allah SWT.

Baca juga:  Benarkah Membaca Alquran Secara Rutin Hindarkan Pikun? Ini Kata Ulama

Sedangkan Abu thalib paman Rasulullah SAW yang juga mencintainya dan selalu menolong beliau adalah karena hati nurani dan adanya hubungan kekeluargaan, dan bukan cintai karena Allah SWT, maka dari itu Allah menerima amal perbuatan Abu Bakar. 

 

Allah SWT kemudian menurunkan firman-Nya : { وَسَيُجَنَّبُهَا الْأَتْقَى } dan Dia menolak semua amal perbuatan yang dilakukan oleh Abu thalib, karena sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang musyrik dan melakukan sesuatu perbuatan bukan karena Allah SWT. 

photo
Penjelasan tentang cobaan yang dialami Nabi Muhammad yang sangat berat - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement