Jumat 03 Nov 2023 10:12 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Surga untuk Orang Bertakwa dan Bersyukur

Allah SWT menjanjikan balasan surga bagi hamba-Nya yang memilih jalan takwa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Surga untuk Orang Bertakwa dan Bersyukur
Foto:

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ. (رواه مسلم)

Artinya: “Sungguh ajaib mukmin itu. Apa saja yang terjadi itulah yang terbaik untuknya. Semua itu hanya ada pada diri seorang mukmin. Jika ia mendapat kegembiraan ia bersyukur dan itu yang terbaik untuknya. Dan jika ia mendapat kesedihan ia bersabar dan itu juga yang terbaik untuknya.” (HR. Muslim).

Ciri utama seorang mukmin sejati ialah taat total kepada Allah dan Rasulnya dan senantiasa menjaga spirit ishlah (membina hubungan baik dan damai) dan bertakwa hanya kepada Allah. Tidaklah nama Allah Yang Maha Agung disebutkan, kecuali hatinya begetar karena takut kepada adzab-Nya dan rasa harap memperoleh ampunan dan Rahmat-Nya.

Selain bekal takwa, umat muslim juga harus menjadi hamba dan umat yang pandai bersyukur. Sama dengan takwa, orang yang senantiasa bersyukur atas segala ketetapan Allah akan beruntung di dunia maupun di akhirat. Allah berfirman dalam Alquran surat Ali-Imran, Ayat 144 berikut ini:

وَسَيَجْزِي اللهُ الشَّاكِرِيْنَ

Artinya: “Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”

Dalam Tafsir Al Wajiz dijelaskan bahwa ayat tersebut turun saat beredar berita bahwa Nabi gugur dalam Perang Uhud, pasukan muslim yang imannya lemah meninggalkan medan perang bahkan ada yang kembali kafir dan minta perlindungan Abu Sufyan, pemimpin pasukan kafir. Allah kemudian mengingatkan bahwa Nabi Muhammad hanyalah seorang Rasul yang suatu saat pasti akan meninggal dunia sebagaimana sebelumnya telah berlalu, yakni telah meninggal dunia, beberapa rasul baik karena terbunuh atau sakit biasa.

Apakah jika dia wafat atau dibunuh lalu kamu berbalik ke belakang meninggalkan Islam dan menjadi murtad? Barang siapa berbalik ke belakang, maka ia tidak akan merugikan Allah sedikit pun, tetapi ia sendiri yang akan rugi dan celaka karena kembali kepada kesesatan. Allah akan memberi balasan kepada orang yang bersyukur, yang tetap mempertahankan iman dan melaksanakan tugas dengan baik dalam situasi terancam sekalipun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement