Jumat 03 Nov 2023 10:12 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Surga untuk Orang Bertakwa dan Bersyukur

Allah SWT menjanjikan balasan surga bagi hamba-Nya yang memilih jalan takwa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Naskah Khutbah Jumat: Surga untuk Orang Bertakwa dan Bersyukur
Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Naskah Khutbah Jumat: Surga untuk Orang Bertakwa dan Bersyukur

REPUBLIKA.CO.ID,

Khutbah I

Baca Juga

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ اَسْبَغَ عَلَيْنَا نِعَمَهُ اَلْبَاطِنَةَ وَالّظَاهِرَةَ وَجَعَلَ الدُّنْيَا لَنَا مَزْرَعَةً لِلْأَخِرَةِ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيَّدَنَامُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَلْمَبْعُوْثُ لِلنَّاسِ بِالْمُعْجِزَاتِ اَلْبَاهِرَةِ .اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلدَّاعِيْ إِلىَ سَعَادَةِ الدُّنْيَا وَاْلأَخِرَةِ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ اَلْخِيَرَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ إِلىَ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ .أَمَّابَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا اْلحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، إِتَّقُوْااللهَ تَعَالىَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ . وَقَالَ اللهُ تَعَالَى: وَإِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ.

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menganugerahkan kita semua berbagai macam kenikmatan dan rahmat, sehingga kita dapat memenuhi kewajibannya untuk menunaikan ibadah shalat Jumat. Sholawat serta salam marilah senantiasa kita persembahkan untuk baginda Nabi Agung Muhammad SAW, juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga keberkahannya melimpah kepada kita semua.

Semoga kita tercatat sebagai umatnya yang setia mengikuti ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW. Pada hari Jumat yang penuh berkah ini, marilah ketakwaan kepada Allah senantiasa kita tingkatkan dengan terus istiqomah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Pentingnya takwa sudah diamanatkan oleh Allah, salah satunya melalui Alquran surat Maryam ayat 63:

تِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِيْ نُوْرِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا

Artinya: “Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa.”

Betapa pentingnya takwa bagi umat muslim, sampai-sampai Allah Swt menjanjikan balasan surga bagi hamba-Nya yang memilih jalan takwa dalam menjalani kehidupannya. Jadi, apa sebenarnya urgensi takwa bagi umat manusia, sehingga Allah SWT sangat serius memperingatkan manusia untuk menjadi orang yang bertakwa? Allah berfirman dalam Alquran surat al Baqarah ayat 194: “Bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa”.

Dari ayat tersebut jelas tergambar bahwa urgensi takwa bagi manusia ialah agar Allah SWT selalu membersamainya dalam setiap langkah kehidupan. Karena dengan bekal takwa, kita akan mendapatkan bantuan dan pertolongan dari Allah SWT.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement