Ahad 29 Oct 2023 13:57 WIB

Gaza Shutdown, Baca Doa Qunut Nazilah Ini Agar Allah SWT Berikan Bantuan Segera  

Qunut Nazilah dianjurkan dibaca selama agresi zionis Israel di Jalur Gaza

Rep: Mabruroh, Rossy Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Serangan Zionis Israel di Jalur Gaza Palesttina pada Jumat (28/10/2023). Qunut Nazilah dianjurkan dibaca selama agresi zionis Israel di Jalur Gaza
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Serangan Zionis Israel di Jalur Gaza Palesttina pada Jumat (28/10/2023). Qunut Nazilah dianjurkan dibaca selama agresi zionis Israel di Jalur Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Hari ini, Palestina dalam pengepungan total oleh zionis Israel. Bahkan pemerintah Israel telah mematikan saluran listrik, solar, internet, hingga air bersih. 

Karenanya, umat Islam di seluruh dunia diimbau untuk melakukan qunut Nazilah dan memohon pertolongan kepada Allah SWT atas bencana peperangan yang tengah dialami umat Muslim Palestina.

Baca Juga

Abudin Nata dalam bukunya "Bimbingan Praktikum Ibadah" mengatakan, secara harfiyah qunut artinya "sedang" nazilah artinya "yang turun". Dalam arti umum qunut nazilah adalah qunut yang dibaca guna memperoleh perlindungan dari bencana, misalnya ketika terjadi peperangan atau pembantaian oleh suatu bangsa atas bangsa lain.

Qunut nazilah dapat dibaca pada setiap sholat fardhu dan bacaannya dinyaringkan.  Bacaan qunut nazilah dilakukan setelah bangun dari rukuk pada rakaat terakhir, misalnya pada rakaat terakhir sholat isya, sholat maghrib, dan sholat Jumat.

Berikut ini lafaz qunut Nazilah yang dikhususkan untuk saudara kita di Palestina, menurut pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc Ma: 

اللّهُمَّ نَجِّ إِخْوَانَنَا الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي فَلَسْطِيْنَ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ اللّهُمَّ انْصُرْ إخْوَانَنَا الْمُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِكَ عَلَى أَعْدَائِهِمْ اللّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى الْيَهُوْدِ الْغَاصِبِيْنَ الظَّالِمِيْنَ وَمَنْ شَايَعَهُمْ وَأَعَانَهُمْ، يَا عَزِيْزُ يَا جَبَّارُ اللّهُمَّ اجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِيْنَ كَسِنِيِّ يُوْسُفَ

Allahumma najji ikhwananal mu’mininal mustadhafina fi Falisthin wa fi kulli makan. Allahummanshur ikhwananal mujahidina fi sabilika ala a’daihim Allahummasydhud wathataka alal yahudil ghashibinadzhalimina wa man syaya’ahum wa a’anahum ya aziz ya jabbar. Allahummaj’al alaihim sinina kasiniyyi Yusufa

“Ya Allah, selamatkanlah saudara-saudara kami kaum mukminin yang tertindas di Palestina dan di setiap tempat. Ya Allah, menangkanlah saudara-saudara kami para mujahidin fi sabilillah atas para musuh mereka. Ya Allah, timpakanlah azab keras-Mu terhadap kaum Yahudi penjajah yang zalim, serta siapapun yang mendukung dan membantu mereka, wahai Yang Mahaperkasa dan Mahamengalahkan. Ya Allah, jadikanlah azab-Mu atas mereka berupa paceklik berkepanjangan sebagaimana yang terjadi di masa Nabi Yusuf.”  

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

Sementara itu, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah mengimbau, umat Islam untuk melaksanakan qunut nazilah di seluruh masjid-masjid di Indonesia. Doa qunut ini dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat Palestina.

Di sisi lain, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat dan Jawa Barat mengimbau seluruh masjid di Jawa Barat melakukan doa qunut nazilah untuk Palestina. Doa qunut nazilah dipanjatkan dengan harapan, negara Palestina terbebas dari penjajahan oleh Israel.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement