Jumat 27 Oct 2023 22:59 WIB

Ingin Utang Segera Terlunasi Atas Izin Allah SWT, Baca Doa dari Rasulullah SAW Ini

Rasulullah SAW ajarkan doa utang segera terlunasi

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Memberi uang, dan membayar utang (ilustrasi). Rasulullah SAW ajarkan doa agar utang segera terlunasi
Foto: Republika/Musiron
Memberi uang, dan membayar utang (ilustrasi). Rasulullah SAW ajarkan doa agar utang segera terlunasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Manusia biasanya melakukan kegiatan utang piutang. Kegiatan utang piutang sudah dilakukan manusia sejak zaman dulu.

Nabi Muhammad SAW juga pernah berutang, artinya kegiatan utang piutang boleh dilakukan asalkan sesuai dengan aturan syariat. Islam juga tegas melarang praktik riba. 

Baca Juga

Ada sebuah doa yang bisa dipanjatkan oleh seorang Muslim yang ingin dapat melunasi hutangnya. Berikut ini adalah doanya.

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak’.

Artinya, "Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Kayakanlah aku dengan kenikmatan-Mu (hingga aku tidak minta kepada) selain-Mu." Bisa juga dilengkapi dengan membaca doa ini: 

اللَّھُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْھَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّییْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'uzubika minal hammi wal hazni wal a'jzi wal kasali wal bukhli wal jubni wa dhola'id dain wa qholabatir rijaal.

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan rasa sedih, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat bakhil dan penakut, dari cengkraman utang dan laki-laki yang menindas-(ku)."”

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunnah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijelaskan bahwa ada doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tertimpa kesulitan. Doa tersebut sumbernya dari hadits Nabi Muhammad SAW.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa maa ja'altahu sahlan, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlan  

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

Artinya, "Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau mudahkan. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

Hadits ini merupakan hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya. Ketika seorang Muslim sedang mengalami kesulitan atau tertimpa musibah, doa ini bisa dibaca. 

Para ulama mengajarkan agar seorang Muslim jangan ragu dan jangan khawatir, yakinlah Allah SWT senantiasa bersama hamba-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement