Rabu 25 Oct 2023 06:33 WIB

Doa Hadapi Musuh dan 7 Surat Jika Dibaca akan Mengubahnya Jadi Kawan

Islam memberikan tuntutan doa ketika hadapi musuh

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Islam memberikan tuntutan doa ketika hadapi musuh
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi). Islam memberikan tuntutan doa ketika hadapi musuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pendakwah yang juga ulama Al Azhar Mesir, syekh Muhammad Abu Bakar menjelaskan bahwa ada tujuh surat dalam Alquran yang dapat mengubah hati musuh yang membenci menjadi teman yang mengasihi. 

Dilansir dari Masrawy,  Ia menjelaskan bahwa hal ini berasal dari Nabi Muhammad ﷺ bahwa ada tujuh surat Alquran apabila seorang Muslim membacanya maka Allah SWT mengubah hati musuhnya menjadi kekasihnya.

Baca Juga

Ia menjelaskan bahwa Allah SWT akan mengubah hati orang yang kejam padanya menjadi mengasihinya, mengubah orang yang membencinya menjadi ramah padanya.

Syekh Muhammad Abu Bakar mengatakan bila seseorang takut pada musuh maka bacalah tujuh surat hawamim. Yaitu tujuh surat dalam Alquran yang dimulai dengan lafaz Ha Mim. 

 

Yaitu surat Ghafir, surat Fusilat, surat As Syura, surat Az Zukhruf, surat Ad Dukhan, surat Al Jatsiyah, surat Al Ahqaf, maka bila  membaca tujuh surat tersebut Allah SWT akan menolong. Akan tetapi bila tidak sanggup membacanya, Syekh Muhammad Abu Bakar menyarankan untuk memperbanyak melafazkan Ha Mim La Yunshorun.  

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Syekh Muhammad Abu Bakar menukil hadits yang diriwayatkan dari Al Bara bin Azib radiyallahu anhu

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال في إحدى الغزوات لأصحابه إنكم ستلقون عدوكم فليكن شعاركم حم لا ينصرون 

Artinya: “Rasulullah ﷺ berkata kepada sahabat dalam suatu kondisi perang, bahwa sesungguhnya kalian akan menghadapi musuh-musuh kalian. Maka slogan kalian Ha Mim La Yunsorun (Ha Mim, mereka tidak akan ditolong).”

Dalam riwayat yang lain disebutkan: bahwa apabila mau mengadakan serangan melawan musuh maka bacalah oleh kalimat Ha Mim La Yunshorun. Dan dalam Perang Hunain Nabi Muhammad ﷺ mengambil segenggam debu dan melemparkannya ke wajah musuh, maka rusak wajah musuhnya, Ha Mim La Yunshorun. 

Dan dikisahkan Sayyidina Anas: maka orang-orang itu (musuh kaum Muslim) dikalahkan, dan kami tak menembak dengan panah dan tidak juga menusuk mereka dengan tombak dan tidak juga menebas mereka dengan pedang. 

Syekh Muhammad Abu Bakar menegaskan bahwa kemenangan yang diraih pasukan-pasukan Muslim itu berkat rahmat Allah dan ucapan Nabi Muhammad ﷺ Ha Mim La Yunshorun.

Anjuran doa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement