Kamis 19 Oct 2023 11:28 WIB

Mereka Para Pengikut Dajjal

Pengikut Dajjal merupakan orang-orang berbahaya.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Dajjal/ilustrasi
Foto:

Mengapa Dajjal disebut sebagai fitnah terbesar bagi seorang mukmin? Sebab pada dasarnya Dajjal adalah memiliki daya rusak yang membahayakan keberadaan seseorang di hari Akhir kelak. Dalam beberapa hadis telah menjelaskan bahwa Dajjal tidak membantai seorang muslim secara fisik, akan tetapi dia menyesatkan orang muslim agar menjadi pengikutnya.

Ada beberapa hadis yang menyatakan bahwa Dajjal lebih fokus menyesatkan umat muslim dari pada membantainya, di antaranya yaitu:

Pertama, Dajjal muncul di tengah manusia. Ia menyebarkan pemikiran yang menyimpang kepada umat manusia. Otak manusia dibuat kalang kabut untuk mempercayai kekuatannya.

Sebagaimana Rasulullah saw. telah bersabda yang artinya: "Jika saat Dajjal muncul dan aku (Rasulullah saw) masih bersama kalian maka akulah yang akan melindungi kalian darinya. Allah Swt adalah pelindungku dan setiap muslim." (HR. Ahmad dan Muslim).

Maksud hadis di atas yakni Rasulullah saw. bersabda bahwa orang yang beriman akan tetap berada di lindungan-Nya. Sedangkan kemarau berkepanjangan dan seseorang terserang haus dan lapar, maka Allah Swt akan tetap membantunya. Sehingga tidak ada ketakutan bagi seseorang yang tetap menjaga keimanannya. Dengan melafalkan istighfar, tahmid, takbir dan bacaan lainnya maka Allah Swt mengangkat rasa lapar dan harus dalam diri umat muslim.

Kedua, Dajjal melarang pengikutnya untuk membunuh siapapun tanpa seizinnya. 

Hal ini termasuk ancaman yang sangat menakutkan bagi seorang muslim. Dajjal ketika berhadapan dengan orang yang beriman tidak serta-merta langsung membunuhnya. Tetapi dia menggunakan tipu muslihat agar orang beriman tersebut goyah kemudian mengikuti dirinya.

Dajjal memperingatkan kepada pengikutnya untuk tidak gegabah membunuh. Sebab, yang memberi hak membunuh adalah Dajjal sendiri. Pengikut hanya menjalankan perintah dari Dajjal.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement