Kamis 19 Oct 2023 11:00 WIB

Dzikir yang Ringan di Lisan, Tapi Berat di Timbangan

Dzikir pagi akan menambah ketenangan hati dengan mengingat Nabi Muhammad.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdzikir.
Foto: Muhammad Rizki Triyana/RepublikaTV
Ilustrasi berdzikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat bacaan dzikir yang ringan di lisan manusia, namun akan memperberat timbangannya di hari akhir. Bacaan dzikir ini dapat diucapkan Muslim tanpa harus bersusah payah baik dalam harta maupun fisik.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari, no. 6682 dan Muslim, no. 2694)

Adapun dengan berdzikir, manusia akan meraih beberapa keutamaan. Hal ini telah Allah Subhanahu wa Ta'ala sebutkan dalam Alquran. Allah ﷻ berfirman, 

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (QS. Al-Baqarah ayat 152)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, (QS. Al-Ahzab ayat 41)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement