Rabu 18 Oct 2023 19:10 WIB

13 Fakta Penting Seputar Kemukjizatan Alquran, dari Jumlah Hingga Tantangan Allah SWT

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa.

Ilustrasi tadarus Alquran. Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa
Foto:

7. Abdullah al-Darraz dalam Al-Naba’ al-‘Azhim (1933), menyebutkan tiga sisi kemukjizatan Alquran (yang juga diikuti Manna‘ al-Qaththan dalam Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an).

ketiga segi kemukjizatan itu adalah kemukjizatan dalam aspek kebahasaan (Al-I’jaz Al-Lughawi), kemukjizatan ilmiah (Al-I’jaz al-Ilmi), dan kemukjizatan dari sisi hukum syara (tasyri’).

8. Hisham Thalbah, Abdul Majid Zindani, Abd Al-Basith Muhammad Sayyid dan kawan-kawan, dalam Al-I’jaz Al-Ilmi fi Al-Qur’an wa al-Sunnah (2009) yang diterjemahkan menjadi Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis, menyebutkan berbagai segi kemukjizatan Alquran.

Baik dari segi bahasa dan sastra, kandungannya, kisah umat terdahulu, kelebihan hewan, keajaiban buah-buahan, keagungan air laut, keajaiban penciptaan alam semesta, dan keistimewaan angka-angka.

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

9. Kemukjizatan Alquran dari segi bahasa dan sastra yang dibahas Hisham Thalbah dan kawan-kawan, mencakup sebanyak 24 kemukjizatan. Di antaranya, kemukjizatan fonetik Alquran, teks, uslub (gaya bahasa), rahasia bahasa, semantik Alquran, dan makna huruf-hurufnya.

10. Sedangkan, Musthafa Muslim dalam Mabahits fi I’jaz Al-Qur’an menyebutkan empat segi kemukjizatan Alquran. Lalu, Muhammad ‘Abd al-‘Azhim al-Zarqani dalam Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an menyebutkan 14 segi kemukjizatan Alquran.

11. Khalid Abdurrahmân al-‘Akk dalam Ushul al-Tafsir wa Qawa’iduh menyebutkan 12 sisi kemukjizatan Alquran. 

12. Pakar Alquran di Indonesia, Quraish Shihab dalam Mukjizat Al-Qur’an dan Sejarah Ulum Al-Qur’an menyebutkan ada tiga aspek besar kemukjizatan Alquran. Ketiga aspek itu, menurut Quraish Shihab, adalah keindahan dan ketelitian bahasanya, isyarat-isyarat ilmiah yang terkandung di dalamnya, dan pemberitaan gaibnya.

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Beragam rumusan para ulama mengenai sisi kemukjizatan Alquran itu justru menunjukkan betapa banyaknya sisi Alquran yang menakjubkan. Alih-alih saling memberi penegasan, perbedaan pendapat mereka itu justru tampak saling menguatkan satu sama lain.

''Sebenarnya dalam Alquran terdapat beribu mukjizat,'' kata Al-Zarqani. Dan, keragaman pandangan para ahli Alquran tersebut merupakan petunjuk bahwa Alquran adalah kitab yang dari mana saja manusia memandangnya, maka akan tampak kilauan cahayanya.

13. Ini menunjukkan bahwa Alquran memiliki berbagai mukjizat yang sangat banyak dan memiliki pengaruh yang besar bagi umat manusia. Karenanya, para ulama sepakat untuk menempatkannya sebagai sumber pertama dari segala sumber hukum Islam.

Karena itu, dari segi isi, makna, dan kandungan yang ada di dalamnya, tak akan ada seorang pun makhluk Allah SWt yang mampu menandinginya. Bahkan, Allah SWT menantang seluruh umat manusia untuk membuat yang lebih baik atau serupa dengan Alquran. (QS Al-Baqarah: 23, QS Al-Kahfi: 109,  QS Al-Hijr: 9).   

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement