Rabu 11 Oct 2023 20:43 WIB

Ini Peperangan yang Dimenangkan Romawi Sebagaimana Dikabarkan Alquran Surat Ar Rum

Alquran mengabarkan kemenangan Romawi atas Persia.

Ilustrasi pasukan Romawi. Alquran mengabarkan kemenangan Romawi atas Persia
Foto: BBC
Ilustrasi pasukan Romawi. Alquran mengabarkan kemenangan Romawi atas Persia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Alquran mengabarkan kemenangan bangsa Romawi, kelompok ahli kitab, atas bangsa Persia yang musyrik dan tidak beriman kepada Allah SWT. 

غُلِبَتِ الرُّومُ فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ فِي بِضْعِ سِنِينَ ۗ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَممِنْ بَعْدُ ۚ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ بِنَصْرِ اللَّهِ ۚ يَنْصُرُ مَنْ يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ 

Baca Juga

''Telah dikalahkan bangsa Romawi di negeri yang terdekat. Dan, mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan, pada hari (kemenangan bangsa Romawi) itu, bergembiralah orang-orang yang beriman karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Mahaperkasa lagi Penyayang.'' (QS Ar Rum [30]: 2-5). 

Bangsa Romawi yang dimaksudkan dalam ayat di atas, menurut sebagian ahli tafsir, adalah Romawi Timur yang berpusat di Konstantinopel. 

Sedangkan, yang dimaksud dengan adna al ardli (negeri yang terdekat) dalam ayat di atas adalah terdekat ke negeri Arab, yaitu Suriah dan Palestina sewaktu menjadi jajahan Kerajaan Romawi Timur. 

Sebelumnya, bangsa Romawi berperang melawan bangsa Persia dan Romawi dikalahkan di negeri yang terdekat. Namun, beberapa tahun setelah peristiwa itu, bangsa Romawi berhasil mengalahkan bangsa Persia, sebagaimana keterangan ayat di atas. 

Romawi adalah suatu bangsa yang beragama Nasrani (ahli kitab) yang mempunyai kitab suci, sedangkan bangsa Persia beragama Majusi, yakni menyembah api dan berhala (musyrik). 

Kedua bangsa (Romawi dan Persia) ini saling berperang dan memerangi. Ketika tersiar kabar kekalahan bangsa Romawi oleh bangsa Persia, kaum musyrik Makkah menyambutnya dengan penuh sukacita karena mereka berpihak dan mendukung bangsa Persia. 

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya 

Sementara itu, kekalahan yang dialami bangsa Romawi ini menimbulkan duka mendalam bagi kaum Muslim. Kemudian, turunlah ayat tersebut di atas yang mengabarkan bahwa bangsa Romawi akan kembali mengalahkan bangsa Persia dalam beberapa tahun kemudian usai kekalahan itu. 

Hal itu benar-benar terbukti. Beberapa tahun sesudah itu, bangsa Romawi berhasil mengalahkan bangsa Persia. Kemenangan yang diraih itu membuat kaum Muslim di Makkah bersukacita. Sebaliknya, kaum Musyrik Makkah menjadi gelisah. Inilah bukti kebenaran Alquran sebagai firman Allah SWT. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement