Rabu 11 Oct 2023 16:35 WIB

Tempat Terendah di Bumi Lokasi Kekalahan Romawi dan Kebenaran Alquran yang Diakui Barat

Alquran sebutkan lokasi terendah di bumi saksi kekalahan Romawi

Suasana pantai Laut Mati, Yordania (ilustrasi). Alquran sebutkan lokasi terendah di bumi saksi kekalahan Romawi
Foto: Ilham Tirta
Suasana pantai Laut Mati, Yordania (ilustrasi). Alquran sebutkan lokasi terendah di bumi saksi kekalahan Romawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Satu hal yang menarik dari Surat Ar-Rum [30] ayat 2-5 adalah bukti geografis tentang peristiwa peperangan yang saat itu dimenangkan oleh pasukan Persia.

غُلِبَتِ الرُّومُ فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ فِي بِضْعِ سِنِينَ ۗ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ ۚ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ بِنَصْرِ اللَّهِ ۚ يَنْصُرُ مَنْ يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ 

Baca Juga

''Telah dikalahkan bangsa Romawi di negeri yang terdekat. Dan, mereka sesudah dikalahkan itu akan menang dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan, pada hari (kemenangan bangsa Romawi) itu, bergembiralah orang-orang yang beriman karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Mahaperkasa lagi Penyayang.'' (QS Ar-Rum [30]: 2-5).  

Dalam ayat ketiga surat Ar-Rum, diberitakan bahwa Romawi telah dikalahkan di daerah paling rendah di bumi ini atau negeri terdekat. Ungkapan adna al-ardli dalam bahasa Arab diartikan sebagai tempat yang dekat dalam banyak terjemahan.  

Sebagaimana disebutkan dalam berbagai buku sejarah, termasuk Syauqi Abu Khalil dalam Atlas Al-Qur'an, yang dimaksud dengan adna al-ardli dari ayat tersebut adalah negeri terdekat. Negeri terdekat itu adalah terdekat dengan Makkah, yakni Suriah, Palestina, dan Yordania. 

Syauqi menyebutkan, negeri terdekat itu adalah dataran rendah Palestina, yang terletak di dekat Laut Mati (Buhairah Luth) yang memiliki tingkat kerendahan 392 meter di bawah permukaan laut. Ada yang menyebutkan bahwa kerendahannya mencapai 420 meter. 

Dalam kamus Lisan al-Arab, disebutkan bahwa kata al-adna berarti lebih dekat. Sedangan, kata al-adna as-safil berarti lawan dari tinggi, yakni rendah. Dengan demikian, seperti dikutip Syauqi, Adna al-Ardli adalah wilayah yang dekat dan berdataran rendah. 

Harun Yahya menambahkan, makna kata adna al-ardli tidak hanya negeri terdekat, tetapi juga mengandung makna harfiah lainnya. Kata Adna dalam bahasa Arab diambil dari kata Dana yang berarti rendah dan ardl yang berarti bumi. Karena itu, ungkapan adna al-ardli berarti tempat paling rendah di bumi. 

Baca juga: Alquran Sebut Ada Makhluk Hidup di Luar Angkasa, tapi Apakah Alien? Ini Kata Prof Quraish  

Ungkapan di atas dalam beberapa hal merujuk pada tempat ketika Romawi dikalahkan oleh bangsa Persia. Peristiwa itu terjadi di titik yang paling rendah di muka bumi.

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

 

Wilayah yang dimaksudkan ini adalah cekungan Laut Mati yang terletak di titik pertemuan wilayah yang dimiliki Suriah, Palestina, dan Yordania. Laut Mati terletak sekitar 392 meter di bawah permukaan laut dan wilayah ini merupakan daerah paling rendah di bumi. 

Pengungkapan lokasi atau daerah paling rendah di muka bumi ini terbilang sungguh menarik dan mengagumkan. Sebab, ketika itu, belum ditemukan sebuah alat yang bisa dijadikan patokan untuk mengukur tinggi rendahnya sebuah permukaan. Namun, 14 abad silam, Allah SWT telah menjelaskan hal itu melalui Alquran.

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

 

Bahkan, seorang ahli geologi Amerika, Profesor Palmer, sempat meragukan kesahihan Alquran dalam mengungkapkan daerah yang paling rendah di muka bumi. Ia menyatakan, ada beberapa daerah lain yang lebih rendah daripada yang disebutkan dalam Alquran. 

Dia memberi contoh nama daerah itu berada di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Namun, setelah mengamati dan meneliti secara saksama, akhirnya dia memastikan dan menyimpulkan bahwa daerah yang terendah di muka bumi ini adalah Laut Mati. Lihat penjelasan Prof Palmer dalam www.thisistruth.org tentang The Origin of the Earth. 

Kebenaran Alquran dalam mengisahkan alam semesta ini juga diakui oleh Prof Alfred Kroner, ketua Jurusan Geologi pada Institut Gesosciences, Universitas Johannes Gutenburg, Mainz, Jerman.  

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement