Selasa 10 Oct 2023 18:51 WIB

Cicak, Hewan Yahudiyah Penyulut Api yang Membakar Masjid Al Aqsa

Tokek atau cicak adalah hewan yang berbahaya dan beracun.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seekor cicak terbang (Draco) berjalan pada batang pohon di kawasan pemantauan satwa Karaenta, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (27/10/2022). Cicak terbang tersebut merupakan salah satu satwa yang banyak dijumpai di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul).
Foto:

Dalam Syarah Al Nil wa Syifa Al 'Alil, disebutkan bahwa Yahya bin Ya'mar berkata, "Dibunuhnya 100 cicak itu lebih aku cintai daripada membebaskan 100 budak laki-laki."

Maksud perkataan tersebut untuk menunjukkan betapa jahatnya hewan cicak. "Cicak adalah binatang jahat yang memberi air pada ular, dan masuk ke dalam bejana (wadah gelas atau sejenisnya), lalu teraduk di dalamnya, sehingga seseorang mendapatkan apa yang tidak disukainya."

Dalam kitab Hasyiyah Al 'Adawi, disebutkan secara lengkap mengenai cicak. Kitab tersebut menyampaikan bahwa hendaknya cicak itu dibunuh, meski tidak ada bahaya yang diakibatkannya, karena dalam riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

 مَن قَتَلَ وزَغَةً في أوَّلِ ضَرْبَةٍ فَلَهُ كَذا وكَذا حَسَنَةً، ومَن قَتَلَها في الضَّرْبَةِ الثَّانِيَةِ فَلَهُ كَذا وكَذا حَسَنَةً، لِدُونِ الأُولَى، وإنْ قَتَلَها في الضَّرْبَةِ الثَّالِثَةِ فَلَهُ كَذا وكَذا حَسَنَةً، لِدُونِ الثَّانِيَةِ.

"Siapa yang membunuh tokek dengan pukulan pertama, maka ia mendapat kebaikan, dan siapa yang membunuhnya dengan pukulan kedua, maka ia mendapat kebaikan, lebih sedikit dari yang pertama. Dan jika membunuhnya dengan pukulan ketiga, dia akan mendapatkan kebaikan, yang lebih kurang lagi dari itu" (HR Muslim).

Masih didasarkan pada kitab Hasyiyah Al 'Adawi, bahwa cicak pun adalah Yahudiyah (pengikut Yahudi), sehingga Allah SWT menjelekkan binatang tersebut. Ini juga karena cicak di waktu dahulu menyulut api yang membakar Baitul Maqdis. Dikatakan pula, cicak termasuk binatang beracun, bahkan dikatakan lebih beracun daripada ular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement