Sabtu 07 Oct 2023 17:35 WIB

Saat Dilanda Kesedihan dan Keterpurukan, Bacalah Doa Singkat Ini

Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi. Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Doa merupakan 'senjata' bagi orang yang beriman. Dengan berdoa dalam waktu susah maupun senang, Allah SWT akan senantiasa memudahkan segala perkara yang hamba-Nya lalui.  

Dalam buku Doa Harian terbitan Pondok Pesantren Darul Hikmah Surabaya disebutkan sejumlah bacaan doa harian. Salah satunya adalah doa ketika dilanda kesedihan. Berikut lafadznya: 

Baca Juga

ِ للَّهُ اللَّهُ رَبِّي لَا أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا "Allah, allahu rabbi la usyrika bihi syaian." Yang artinya, "Allah, Allah Tuhanku. Aku tidak akan menyekutukan-Nya dengan apapun." 

Doa ini dibaca berulang-ulang hingga 7 kali. Dengan membacanya, insya Allah segala beban kesedihan di hati perlahan-lahan akan ringan diangkat Allah SWT. 

 Anjuran berdoa dalam Alquran 

Allah SWT menyerukan hamba-Nya untuk berdoa. Dalam Alquran, terdapat  banyak ayat yang memerintahkan berdoa. 

Ahmad bin Abdullah Isa dalam buku Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih Berdasarkan Alquran dan Hadist yang diterbitkan Pustaka Elba, 2006, menjabarkan beberapa ayat tentang berdoa:

Pertama 

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al-A'raf: 55)

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

Kedua

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَللِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS An-Naml: 62)

Ketiga

فَادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“Maka sembahlah (berdoalah kepada) Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya).”  (QS Al-Mu’min/ Ghaafir: 14)

photo
Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

Keempat

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَالَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

“Katakanlah, "Serulah (berdoalah kepada) Allah atau serulah (berdoalah kepada) Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (QS Al-Isra: 110)

Kelima

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS Al-Mu’min/ Al-Ghaafir: 60).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement