Sabtu 07 Oct 2023 16:52 WIB

Jadi Tanda Kiamat, tapi Mengapa Kata Dajjal tak Disebutkan dalam Alquran?

Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi). Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dajjal akan muncul pada akhir zaman dan menyesatkan manusia. Kemunculannya itu sebagai tanda bahwa kiamat telah dekat. 

Informasi tentang Dajjal dapat ditemukan dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW. Namun demikian kemunculan Dajjal sebagai tanda akan terjadinya kiamat tidak disebutkan secara eksplisit dalam Alquran. Mengapa demikian? 

Baca Juga

Sebenarnya Alquran dalam surat al-Anam ayat 158 secara tidak langsung mengungkapkan kemunculan Dajjal sebagai salah satu tanda akan kiamat. Allah berfirman: 

هَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا أَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلَائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَببِّكَ ۗ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ ففِي إِيمَانِهَا خَيْرًا ۗ قُلِ انْتَظِرُوا إِنَّا مُنْتَظِرُونَ

Artinya: “Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya Kami pun menunggu (pula)." (QS al-Anam ayat 158).

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya ketika sampai pada penjelasan Auw Ya’tiya ba'dhu ayati robbika yauma Yati ba'dhu ayati robbika la yanfa'u nafsan iymanuha (atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. 

Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang) menjelaskan bahwa sebelum kiamat terjadi muncul tanda-tanda kiamat. 

Di antara tanda-tanda kiamat itu, Ibnu Katsir menukil hadits yang menjelaskan tentang Dajjal sebagai tanda kiamat. 

Baca juga: Golongan Ini Justru akan Dilawan Alquran di Hari Kiamat Meski di Dunia Rajin Membacanya

Ibnu Jarir mengatakan dari Abu Hurairah RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

ثلاث إذا خرجن لا ينفع نفسا إيمانها لم تكن آمنت من قبل ، أو كسبت في إيمانها خيرا، طلوع الشمس من مغربها ، والدجال ، ودابة الأرض

Artinya: “Ada tiga hal yang jika sudah keluar maka tidak bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang tidak beriman sebelumnya, atau belum mengerjakan kebaikan dalam masa imannya, yaitu terbitnya matahari dari Barat, Dajjal dan binatang melata dari bumi.” (HR Ahmad, Muslim, At Tirmidzi). 

Ada pendapat bahwa tidak disebutkan kata Dajjal secara eksplisit dalam Alquran adalah karena saking hinanya Dajjal sehingga tidak pantas disebutkan secara langsung dalam Alquran.  

Meski demikian banyak hadits yang...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement