Kamis 05 Oct 2023 12:20 WIB

Kandungan Awal Surat Al Baqarah dan Akhir Surat Al Fatihah Ternyata Saling Terkait

Kedua surat menjelaskan tentang tentang tiga golongan manusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran. (ilustrasi)
Foto: republika
5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al Fatihah dan surat Al Baqarah memiliki keterkaitan yang begitu kuat dalam kandungannya. Di mana Al Baqarah menjadi penjabaran dari surat Al Fatihah. Keterkaitan dua surat ini dapat terlihat dari awal surat Al Baqarah dengan akhir surat Al Fatihah.

Imam Jalaluddin Asy Suyuthi dalam kitab Asroru Tartib al-Qur'an menukil keterangan sejumlah ulama bahwa dalam pembukaan Al Baqarah dijelaskan tentang Alquran sebagai petunjuk ke jalan yang lurus. Ini menjadi jawaban dari surat Al Fatihah yakni pada ayat 5 yang memuat doa hamba agar diberi petunjuk jalan yang lurus. Maka, tidak ada petunjuk untuk mencapai jalan yang lurus itu kecuali dengan Alquran.

Baca Juga

وَقَالَ بَعْضُهُمْ: افْتُتِحَتْ الْبَقَرَةُ بِقَوْلِهِ: {آلم، ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ} فَإِنَّهُ إِشَارَةٌ إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيمِ فِي قَوْلِهِ: {اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ} كَأَنَّهُمْ لَمَّا سَأَلُوا الْهِدَايَةَ إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيمِ، قِيلَ لَهُمْ: ذَلِكَ الصِّرَاطُ الَّذِي سَأَلْتُمْ٤ الْهِدَايَةُ إِلَيْهِ، كَمَا أَخْرَجَ إبْنُ جَرِيرٍ وَغَيْرُهُ مِنْ حَدِيثِ عَلِيٍّ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ- مَرْفُوعًا: "الصِّرَاطُ الْمُسْتَقِيمُ كِتَابُ اللَّهِ"٥ "وَأَخْرَجَهُ الْحَاكِمُ فِي الْمُسْتَدْرَكِ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ مَوْقُوفًا"٦.

Artinya: Sebagian ulama berpendapat: Dibuka surat Al Baqarah dengan firman Allah: Aliif Laam Miim, dzalikal kitabu laa royba fiih (Alif Laam Minim, Kitab Alquran ini tidak ada keraguan padanya). Karena sesungguhnya Alquran tersebut adalah petunjuk menuju ke jalan yang lurus. Sebagaimana firman-Nya: Ihdinas Shirotol Mustaqim (Tunjukilah kami jalan yang lurus). Seolah ketika mereka meminta petunjuk menuju ke jalan yang lurus lalu dikatakan kepada mereka: Itu (Alquran) adalah jalan yang kalian minta, petunjuk kepada jalan yang lurus. Sebagaimana diriwayatkan Ibnu Jarir dan yang lainnya dalam hadits yang diriwayatkan dari Ali r.a. yakni hadits marfu': Jalan yang lurus itu adalah kitab Allah. Dan Al Hakim meriwayatkan hadits ini dalam Al Mustadrok dari Ibnu Mas'ud.

 

(Lihat Asroru Tartib al-Qur'an karya Imam Jalaluddin Asy Suyuthi, penerbit Darul Fadhilah, halaman 55 atau bisa juga lihat di laman https://shamela.ws/book/9992/53#p1)

Oleh karena itu, Imam Asy Suyuthi mengatakan Al Fatihah dan Al Baqarah berkaitan erat.

وهذا معنى حسن يظهر فيه سر ارتباط البقرة بالفاتحة

Artinya: Inililah maknanya yang sangat baik menjelaskan dalam Alquran keterkaitan antara surat Al Baqarah dengan surat Al Fatihah.

Selanjutnya...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement