Selasa 03 Oct 2023 09:01 WIB

Makhluk Melata yang Disebut dalam Alquran Apakah Alien?

Surat Asy Syura ayat 29 menunjukkan adanya makhluk melata di bumi dan langit.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Makhluk Melata yang Disebut dalam Alquran Apakah Alien?
Foto:

Penulis Tafsir Almisbah Prof Quraish Shihab juga mengaku tidak tahu apakah alien tersebut berbentuk seperti manusia atau tidak.

“Saya tidak tahu, ya saya jujur. Di Alquran hanya ada uraian bahwa di langit dan di bumi itu ada makhluk. Kalau kita sudah berkata makhluk, batu pun makhluk kan?” jelas Prof Quraish di salah satu televisi nasional beberapa tahun silam.

Di ayat yang lain, menurut dia, juga dinyatakan bahwa semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi. Allah SWT berfirman,

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ

Artinya: “Dan kepada Allah sujud siapa yang di langit dan di bumi”. (QS Surah Ar-Ra'd [13]: 15).

Prof Quraisy menjelaskan, kata ‘siapa’ itu mengisyaratkan makhluk berakal seperti halnya jin yang boleh jadi berada di langit. “Tapi kalau ditanya apa bentuknya seperti manusia? Saya katakan tidak tahu. Tapi bahwa ada makhluk di langit itu ada. Malaikat di langit, jin juga pernah berusaha menembus langit dan sampai sekarang  masih ini,” kata Prof Quraish.

“Jadi di planet-planet lain diduga keras ada makhluk. Boleh jadi bakteri-bakteri, boleh jadi kuman. Tapi kalau ditanya bentuknya kayak manusia atau tidak wallalahu’lam saya tidak tahu,” jelas pendiri Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ) ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement