Selasa 03 Oct 2023 08:49 WIB

Doa yang Bisa Diamalkan pada Hari Selasa

Doa ini biasanya dibaca bakda maghrib.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Doa dalam Islam merupakan cara komunikasi antara manusia dan Allah SWT. Doa adalah ungkapan hati yang tulus kepada Allah, di mana umat Muslim memohon bantuan, petunjuk, ampunan, dan kebutuhan lainnya.

Pada Selasa, ada beberapa doa yang dapat diamalkan sesuai dengan kebiasaan dan tradisi dalam agama Islam. Merujuk buku Doa-Doa Khusus Wanita karya Amirulloh Syarbini, berikut salah satu contoh doa yang bisa diamalkan di hari Selasa.

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Allahumma anta robbi laa ilaaha illa anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu audzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

“Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Doa ini biasanya dibaca bakda maghrib. Bahkan para ulama membaca secara konsisten dzikir ini setelah Maghrib. Doa ini terdapat dalam beberapa kitab hadits, di antaranya, al-Baihaqi dalam kitab Syuabul Iman dan juga as-Suyuthi dalam kitab Nurul Lum’ah Fi Khashaish al-Jumat.

Selain itu, di hari Selasa, banyak orang Muslim juga mengamalkan Surah Al-Kahf atau ayat-ayat tertentu dari Alquran, melakukan amalan-amalan sunnah, dan berdoa untuk kebaikan, keselamatan, dan kesuksesan dalam aktivitas mereka. Selalu penting untuk mengingat doa adalah ungkapan hati yang tulus kepada Allah, dan umat Islam dapat berdoa sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan perasaannya sendiri di hari Selasa atau kapan pun yang dinginkan.

Doa ini juga bisa dibaca pada Jumat. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW telah bersabda bahwa siapa pun yang membaca doa ini di pagi hari jumat, kemudian ia meninggal, maka ia akan mendapatkan Surga-Nya. Tentu, semua ini bisa terjadi jika Allah SWT meridhainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement