Selasa 26 Sep 2023 18:52 WIB

Fadhilah Meluruskan Shaf Sholat Berjamaah

Shaf Sholat berjamaah adalah cerminan keadaan umat Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Keutamaan Sholat Berjamaah
Foto: Republika
Keutamaan Sholat Berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam melaksanakan sholat berjamaah seyogianya setiap Muslim memperhatikan shafnya. Sebab dengan shaf yang lurus dan rapat menjadikan sholat berjamaah sempurna.

Selain daripada itu shaf yang lurus adalah cerminan persatuan umat Muslim. Dengan shaf yang lurus, rapat dan rapi, menunjukan bahwa setiap Muslim dalam hidup kesehariannya memiliki persatuan yang kuat. 

Baca Juga

أَقِيمُوا ‌الصَّفَّ فِي الصَّلَاةِ، فَإِنَّ إِقَامَةَ الصَّفِّ مِنْ حُسْنِ الصَّلَاةِ.

“Tegakkanlah shaf dalam shalat, sesungguhnya menegakkan shaf itu termasuk dari kesempurnaan shalat.” (HR. Bukhari).

Bahkan tak hanya umat nabi Muhammad yang diperintahkan untuk meluruskan shafnya. Malaikat pun juga bershaf-shaf ketika menghadap Allah. 

‌أَلَا ‌تَصُفُّونَ كَمَا تَصُفُّ الْمَلَائِكَةُ عِنْدَ رَبِّهَا؟ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللهِ، وَكَيْفَ تَصُفُّ الْمَلَائِكَةُ عِنْدَ رَبِّهَا؟ قَالَ: يُتِمُّونَ الصُّفُوفَ الْأُوَلَ وَيَتَرَاصُّونَ فِي الصَّفِّ.

“Tidakkah kalian bershaf sebagaimana malaikat bershaf dihadapan Allah Tabaraka wa Ta’ala, kami (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulullah bagaimana malaikat bershaf dihadapan Allah Tabaraka wa Ta’ala? Maka Nabi Menjawab: Mereka menyempurnakan shaf-shaf yang pertama dan mereka merapatkan shaf mereka.” (HR. Muslim).

Meluruskan dan merapatkan shaf sholat ketika berjamaah sangat penting guna memperoleh keutamaan sholat berjamaah. Akan tetapi dalam meluruskan dan merapatkan shaf sholat pun harus tetap pada posisi nyaman bagi diri sendiri dan orang lain. 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement