Senin 25 Sep 2023 05:56 WIB

10 Ayat Alquran yang Berbicara tentang Cinta dan Penggunaannya Menurut Syariat

Alquran memuat prinsip-prinsip tentang cinta dan pengelolaannya

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran (ilustrasi). Alquran memuat prinsip-prinsip tentang cinta dan pengelolaannya
Foto: ANTARA
Alquran (ilustrasi). Alquran memuat prinsip-prinsip tentang cinta dan pengelolaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada banyak ayat-ayat Alquran yang membicarakan tentang cinta dan kesetiaan. Karena sejatinya, Islam adalah agama yang penuh dengan cinta dan perdamaian. 

Cinta yang disebutkan dalam Alquran pun banyak sekali, bisa berupa rasa cinta seorang hamba kepada Tuhannya, atau rasa cinta terhadap sesama manusia, atau rasa cinta kepada kedua orang tua. Berikut ini ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang cinta kepada Allah SWT:

Baca Juga

1. Surat Al-Baqarah ayat 165

وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ "Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah."

 

Tafsir Kemenag: 

Dan di antara manusia, meski telah menyaksikan tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang demikian banyak dan jelas, masih ada saja orang yang menyembah tuhan selain Allah. Mereka menjadikannya sebagai tandingan Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah melebihi cinta orang musyrik kepada sesembahan dan berhala mereka. Mereka tidak mempersekutukan Allah dengan apa pun.

2. Surat Ali Imran ayat 31

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Mahapengasih lagi Mahapenyayang."

Tafsir Kemenag: 

Ayat ini memberikan keterangan yang kuat untuk mematahkan pengakuan orang-orang yang mengaku mencintai Allah pada setiap saat, sedang amal perbuatannya berlawanan dengan ucapan-ucapan itu. Bagaimana mungkin dapat berkumpul pada diri seseorang cinta kepada Allah dan pada saat yang sama membelakangi perintah-Nya. Siapa yang mencintai Allah, tapi tidak mengikuti jalan dan petunjuk Rasulullah, maka pengakuan cinta itu adalah palsu dan dusta.

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

3. Surat Hud ayat 90

وَاسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي رَحِيمٌ وَدُودٌ

"Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Mahapenyayang lagi Mahapengasih."

Tafsir Kemenag

Pada ayat ini diterangkan bahwa Nabi Syu'aib menyuruh kaumnya untuk memohon ampun kepada Allah Yang Maha Esa dengan beriman kepada-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan menyembah berhala-berhala dan patung-patung, dan tidak mengurangi takaran, timbangan dan mengambil harta orang lain dengan jalan yang tidak halal. Kemudian ia menyuruh mereka supaya tobat yakni kembali kepada jalan yang benar dengan menaati Allah dan menjauhi larangan-Nya, karena sesungguhnya Allah Maha Penyayang dan Pengasih terhadap hamba-Nya yang sudah bertobat dan kembali kepada jalan yang benar dengan memberikan ampunan dan membebaskan dari azab dunia dan akhirat.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement