Ahad 24 Sep 2023 18:02 WIB

14 Ayat Sajdah dan Mengapa Diperintahkan Bersujud Saat Membacanya?

Dianjurkan bersujud ketika membaca ayat sajdah

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Bersujud saat membaca ayat sajdah (ilustrasi). Dianjurkan bersujud ketika membaca ayat sajdah
Foto: Reuters
Bersujud saat membaca ayat sajdah (ilustrasi). Dianjurkan bersujud ketika membaca ayat sajdah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terdapat belasan ayat sujud tilawah yang berada dalam kitab suci Alquran. 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa muslim yang bersujud ketika membaca ayat sajdah maka ini akan membuat setan menyingkir dan menangis. Dari Abu Hurairah Rasulullah ﷺ bersabda:  

Baca Juga

 إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي يَقُولُ يَا وَيْلَهُ وَفِي رِوَايَةِ أَبِي كُرَيْبٍ يَا وَيْلِي أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِي النَّارُ حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ بِهَذَا الْإِسْنَادِ مِثْلَهُ غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ فَعَصَيْتُ فَلِي الننَّارُ

"Apabila anak Adam membaca ayat sajdah, lalu dia bersujud, maka syaitan menyingkir sambil menangis seraya berkata: "Celaka dia!" (dalam riwayat Abu Kuraib, syaitan berkata: "Celakalah aku!"). Anak Adam diperintah untuk sujud dan dia bersujud maka baginya Surga, sedangkan aku diperintah untuk sujud dan aku enggan maka bagiku Neraka." (HR Muslim). 

Secara global sujud tilawah dalam Alquran ada 15 ayat. Namun para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Ada yang menganggap 14 ayat saja, dengan tidak menganggap satu ayat darinya. Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i oleh Abu Ya'la Kurnaedi, berikut 14 ayat-ayat yang dimaksud: 

1. Surat Al-A'raf ayat 206

اِنَّ الَّذِيْنَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَيُسَبِّحُوْنَهٗ وَلَهٗ يَسْجُدُوْنَ ࣖ

“Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud.”  

2. Surat Ar-Rad ayat 15

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ طَوْعًا وَّكَرْهًا وَّظِلٰلُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ

“Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.” 

3. Surat An-Nahl ayat 49-50

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ ࣖ

“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” 

Baca juga: 8 Fakta tentang Istana Supermegah Firaun yang Diabadikan Alquran

 

4. Surat Al-Isra ayat 109

وَيَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ يَبْكُوْنَ وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا  “Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk”  

5. Surat Al-Hajj ayat 77

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّككُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَنَ ۚ

“Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.”      

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement