Ahad 24 Sep 2023 16:51 WIB

Temuan Peneliti Amerika Serikat dan NASA Ini Buktikan Kebenaran Alquran tentang Kaum Ad 

Alquran mengabadikan Kaum Ad yang dibinasakan

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Tangkapan layar Ditemukannya sisa-sisa kota Iram, ibu kota kaum Aad yang durhaka kepada Allah SWT dan Nabi Hud Alaihissalam.
Foto: Tangkapan layar Buku Kisah Para
Tangkapan layar Ditemukannya sisa-sisa kota Iram, ibu kota kaum Aad yang durhaka kepada Allah SWT dan Nabi Hud Alaihissalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Hud Alaihissalam diutus pasca banjir besar yang menghancurkan umat Nabi Nuh. Nabi Hud berasal dari kKaum Ad, diutus untuk memberi peringatan kepada Kaum Ad agar kembali ke jalan yang benar.

Dilansir dari Buku Kisah Para Nabi Pra Ibrahim Dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nicholas Clapp seorang warga Amerika Serikat (AS) pemenang award dalam pembuatan film dokumenter. Clapp sangat tertarik mempelajari riwayat-riwayat dalam tradisi Arab Purba, antara lain mengenai bangsa Ad dan kota Iram tempat bangsa Ad. 

Baca Juga

Clapp kemudian mencermati pernyataan yang terdapat di dalam Alquran Surat Al-Fajr Ayat 6-9. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍۖ اِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِۖ الَّتِيْ لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِى الْبِلَادِۖ وَثَمُوْدَ الَّذِيْنَ جَابُوا الصَّخْرَ بِالْوَادِۖ

 

“Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) Ad, (yaitu) penduduk Iram (ibu kota kaum Ad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi yang sebelumnya tidak pernah dibangun (suatu kota pun) seperti itu di negeri-negeri (lain)? (Tidakkah engkau perhatikan pula kaum) Samud yang memotong batu-batu besar di lembah.” (Surat Al-Fajr Ayat 6-9)

Clapp juga mencermati, tradisi Islam tentang riwayat kaum Ad, begitu juga tradisi Arab Purba. Ini dilakukannya sejak 1982 (Ostling, 1992).

Menurut tradisi Arab Purba, kota Iram dibangun oleh Syaddad bin Ad. Dalam legenda itu disebutkan Syaddad bin Ad membuat sebuah kota oasis yang dikelilingi oleh permata di gurun selatan untuk menyaingi surga (al-Salih, 1985).  

Baca juga: 5 Dalil yang Menjadi Landasan Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Tetapi karena bangsa Ad durhaka kepada Nabinya, Allah SWT menghancurkan kota itu. Nama kota yang dibangun Syaddad bin Ad itu adalah Ubhar. 

Banyak orang Arab percaya bahwa Ubhar dan Iram adalah dua nama yang berbeda untuk kota yang sama. 

Pada 984, Clapp bersama Professor Juris Zarins pakar arkeologi Arabia dari Southwest Missouri State University dan Sir Ranulph Fiennes serta George Hedges mengajukan proposal kepada California Institute of Technology’s Jet Propulsion Laboratory (CALTECH-JPL), NASA. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement