Sabtu 23 Sep 2023 22:55 WIB

Kecelakaan Maut Tol Bawen, Ini Doa agar Selamat dalam Perjalanan

Kecelakaan maut Tol Bawen menjadi ibrah buat setiap orang memperbanyak doa

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah truk melaju kencang menabrak sejumlah kendaraan bermotor di exit Tol Bawen Jawa Tengah. Tol yang dikenal memiliki panorama indah itu kini diwarnai dengan kecelakaan karena ulah kendaraan yang remnya tidak berfungsi dengan baik.

Kecelakaan ini menelan empat korban jiwa. Kemudian masih ada sejumlah orang mengalami luka ringan dan berat. Mereka menjalani perawatan di rumah sakit sekitar sana.

Baca Juga

Insiden kecelakaan ini mengingatkan kita akan pentingnya mempersiapkan perjalanan dengan doa dan munajat kepada Allah. Berikut ini adalah beberapa persiapan batin sebelum melakukan perjalanan.

Sholat Safar

Saat akan bepergian hendaklah melaksanakan sholat Safar dua rakaat. Berdasarkan hadits dari Ibnu Mas’ud, pernah datang seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW dan berkata:

“Ya Rasulullah, saya hendak pergi ke Bahrain untuk urusan dagang”. Lalu Rasulullah menyuruh orang itu: “Pergilah sholat dua rakaat” (HR Thabrani dalam al-Kabir).

Berpamitan

Saat akan bepergian, umat Islam juga dianjurkan berpamitan dulu dengan seisi rumah agar kepergian Anda mereka ketahui. Anda dapat berdoa untuk mereka, dan begitu pula sebaliknya.

عَنْ مُوسَى بْنِ وَرْدَانَ قَالَ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ لِرَجُلٍ تَعَالَ أُوَدِّعْكَ كَمَا وَدَّعَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ كَمَا ا وَدَّعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَوْدَعْتُكَ اللَّهَ الَّذِي لَا يُضَيِّعُ وَدَائِعَهُ

Dari Musa bin Wardan berkata; Abu Hurairah berkata kepada seorang laki-laki: “Kemarilah, saya akan mengucapkan selamat tinggal (berpamitan) kepadamu sebagaimana Rasulullah SAW mengucapkan selamat tinggal kepadaku, atau sebagaimana Rasulullah SAW mengucapkan selamat tinggal; aku titipkan engkau kepada Allah yang tidak menyia-nyiakan titipan-Nya”.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement