Rabu 20 Sep 2023 19:23 WIB

Empat Hadits Larangan Mendendam

Terdapat hadits sangat penting tentang fadhilah memaafkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi belajar hadits.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi belajar hadits.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika seseorang berbuat salah diutamakan untuk memberi maaf dan tidak mendendam. 

Terdapat sebuah hadits sangat penting tentang fadhilah memaafkan yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga.

Baca Juga

Pengurus Bidang Dakwah MIUMI Yogjakarta, Nanung Danar Dono menyebutkan sebuah hadits,

Pertama, 

فَلَمَّا وَلَّيْتُ دَعَانِي، فَقَالَ: مَا هُوَ إِلَّا مَا رَأَيْتَ، غَيْرَ أَنِّي لَا أَجِدُ فِي نَفْسِي لِأَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ غِشًّا، وَلَا أَحْسُدُ أَحَدًا عَلَى خَيْرٍ أَعْطَاهُ اللهُ إِيَّاهُ . فَقَالَ عَبْدُ اللهِ هَذِهِ الَّتِي بَلَغَتْ بِكَ، وَهِيَ الَّتِي لَا نُطِيقُ

"Tatkala aku berpaling pergi, ia pun memanggilku dan berkata bahwa amalannya hanyalah seperti yang terlihat, hanya saja ia tidak memiliki perasaan dendam dalam hati kepada seorang muslim pun dan ia tidak pernah hasad kepada seorang pun atas kebaikan yang Allah berikan kepada yang lain." Abdullah berkata, "Inilah amalan yang mengantarkan engkau (menjadi penduduk surga, pen.) dan inilah yang tidak kami mampui.” (HR. Ahmad no. 3: 166). 

Syekh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim.

Kedua, 

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Kami sedang duduk bersama Rasulullah ﷺ, maka Beliau pun berkata, ‘Akan muncul kepada kalian sekarang seorang penduduk surga.’ Maka munculah seseorang dari kaum Anshar, jenggotnya masih basah terkena air wudhu, sambil menggantungkan kedua sendalnya di tangan kirinya. Tatkala keesokan hari, Nabi ﷺ mengucapkan perkataan yang sama, dan munculah orang itu lagi dengan kondisi yang sama seperti kemarin. Tatkala keesokan harinya lagi (hari yang ketiga) Nabi ﷺ juga mengucapkan perkataan yang sama dan muncul juga orang tersebut dengan kondisi yang sama pula. Tatkala Nabi berdiri (pergi) maka ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash mengikuti orang tersebut lalu berkata kepadanya, “Aku bermasalah dengan ayahku dan aku bersumpah untuk tidak masuk ke rumahnya selama tiga hari. Jika menurutmu aku boleh menginap di rumahmu hingga berlalu tiga hari?” Maka orang tersebut menjawab, “Silakan.”

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement