Senin 18 Sep 2023 16:29 WIB

Doa Meminta Hujan

Salah satu upaya agar hujan turun adalah membaca doa.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Doa Meminta Hujan. Foto: Berdoa. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Doa Meminta Hujan. Foto: Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Musim panas di tanah air telah dilalui dengan masa yang cukup panjang oleh masyarakat. Bahkan beberapa daerah mengalami kekurangan air sebab cuaca panas. Saat ini umat islam dapat melakukan ikhtiar dengan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar diturunkan hujan yang bermanfaat. 

Berikut doa meminta hujan: 

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَغِثْنَا ، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا ، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا

(Allahumma aghitsnaa, Allahumma aghitsnaa, Allahumma aghitsnaa)

"Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami." (HR. Bukhari dan Muslim)

Di samping itu usaha lain yang dapat dilakukan muslim agar diturunakan hujan yakni melalui shalat Istisqa (meminta hujan). Shalat istisqa hukumnya sunnah apabila manusia sangat butuh air karena tidak adanya air. Sholat ini dilakukan sebagaimana sholat ied di lapangan terbuka.

Untuk menunaikan sholat ini, Manusia keluar menuju lapangan dengan rasa khusyu’, merendah dan tunduk kepada Allah. Kemudian melakukan sholat dua rakaat.

 

 

 

 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement