Senin 18 Sep 2023 13:44 WIB

Doa Dijauhkan dari Hilangnya Nikmat Hidup

Muslim diingatkan selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Ibadah  dan doa agar kita selalu bersyukur terhadap nikmat hidupm
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ibadah dan doa agar kita selalu bersyukur terhadap nikmat hidupm

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Seyogianya seorang Muslim senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah ta'ala. Jangan sampai Allah mencabut nikmatNya karena lalainya diri untuk bersyukur. 

Sebab orang yang kehilangan nikmat akan merasakan ketidakbahagiaan. Misalnya saja ketika seseorang dicabut nikmat sehatnya, maka dia akan menjalani hidup dalam keadaan sakit yang tak kunjung sembuh. 

Baca Juga

Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa agar dijauhkan dari hilangnya nikmat hidup. Berikut doanya: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِك

Allahumma inny 'audzubika min zawali ni'matika wa tahawuli 'afiyatika wa fujaati niqmatika wa jamiy'i sakhotika

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari lepasnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu 

Doa ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan melalui jalur Abdullah bin Umar. 

حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْكَرِيمِ أَبُو زُرْعَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنِي يَعْقُوبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ مِنْ دُعَاءِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِك

Telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah bin 'Abdul Karim Abu Zur'ah, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Bukair, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Ya'qub bin 'Abdurrahman, dari Musa bin 'Uqbah, dari 'Abdullah bin Dinar, dari 'Abdullah bin 'Umar, ia berkata, "Diantara doa yang seringkali dipanjatkan oleh Rasulullah ﷺ adalah: Allahumma inny 'audzubika min zawali ni'matika wa tahawuli 'afiyatika wa fujaati niqmatika wa jamiy'i sakhotika. (HR. Muslim).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement