Jumat 15 Sep 2023 15:23 WIB

Tafsir Al An'am Ayat 32: Dunia Hanya Senda Gurau, Mengapa Diseriusi?

Dunia merupakan tempat mengumpulkan perbekalan menuju akhirat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang-orang berzikir mengharap ridha Allah.
Foto: Dok Pemkot
Ilustrasi orang-orang berzikir mengharap ridha Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada tiga ayat dalam Alquran yang menyebut bahwa dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Tiga itu ialah surah al-An'am ayat 32, al-'Ankabut ayat 64, surah al-Hadid ayat 20.

Dalam surah al-An'am ayat 32, Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ ۗوَلَلدَّارُ الْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ

"Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?" (QS al-An'am ayat 32).

 

Sejumlah mufassir memandang, permainan dan senda gurau yang disebut dalam beberapa Surat tersebut, memiliki makna yang sama. Pengulangan ini adalah untuk taukid atau untuk mempertegas.

Dalam tafsir Abu Hayyan, disebutkan bahwa permainan (la'ibun) merupakan kegiatan mengalihkan perhatian dari yang bermanfaat ke yang tidak bermanfaat. Adapun senda gurau (lahwun) adalah mengalihkan perhatian dari yang serius ke bercanda.

Lebih perinci lagi, Ibnu Al Qayyim menjelaskan dalam tafsirnya, bahwa la'ibun itu permainan untuk anggota tubuh, sedangkan lahwun adalah hiburan untuk hati, sebagaimana dalam surah al-Anbiya ayat 3.

Para fuqaha berpendapat, permainan dan senda gurau itu tidak selalu tercela, sebab ada juga yang terpuji, seperti permainan atau kompetisi yang baik untuk pengetahuan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement