Kamis 07 Sep 2023 12:52 WIB

Amalan Imam Al Ghazali Sebelum Masuk Waktu Maghrib

Imam Al Ghazali memberikan tuntunan tentang amalan sebelum Maghrib.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Amalan Imam Al Ghazali Sebelum Masuk Waktu Maghrib. Foto:  Dzikir (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika
Amalan Imam Al Ghazali Sebelum Masuk Waktu Maghrib. Foto: Dzikir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada waktu yang sangat baik digunakan untuk berzikir dengan membaca tasbih dan istighfar selain waktu sebelum terbitnya matahari. Yakni beberapa saat sebelum masuknya waktu Maghrib. 

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah memberikan tuntunan bagi setiap Muslim tentang bagaimana cara mengisi waktu sebelum datangnya Maghrib. Yaitu saat telah melihat matahari mulai menguning, pada waktu itulah hendaknya seorang Muslim mempersiapkan diri dan segera menuju Masjid. Sembari menanti waktu Maghrib, seorang Muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca tasbih dan beristighfar. 

Baca Juga

ثم اصفرت الشمس ، فاجتهد أن تعود إلى المسجد قبل الغروب ، وتشتغل بالتسبيح والاستغفار ، فإن فضل هذا الوقت كفضل ما قبل طلوع الشمس. 

Kemudian ketika telah menguning matahari, bersungguh-sungguhlah untuk kembali ke masjid sebelum masuk waktu Maghrib. Dan sibuklah engkau dengan bertasbih dan beristighfar. Karena sesungguhnya keutamaan waktu sebelum Maghrib ini seperti keutamaan sebelum terbit matahari. (Lihat kitab Bidayatul Hidayah halaman 121 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut).

Karenanya Allah pun memerintahkan hambanya agar senantiasa bertasbih pada pagi dan sore hari.

قال الله عز وجل: وسبح بحمد ربك قبل طلوع الشمس وقبل غروبها.

Allah berfirman: dan bertasbih serta memuji Tuhanmu sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya matahari (Lihat surat Thaha ayat 130).

Kemudian menurut Imam Al Ghazali sebaiknya sambil menunggu waktu Maghrib dan setelah membaca tasbih dan istighfar dianjurkan juga membaca surah asy-Syams, dan surah al-Lail, serta surah al-Falaq, dan an Nas.

واقرأ قبل غروب الشمس: (والشمس وضحاها) و (والليل إذا يغشى) و (المعوذتين) .

Dan sebelum terbenamnya matahari bacalah surat Asy Syams, Al Lail, dan surat Al Falaq, An Nas (mu'awidzataiyni).

Maka beruntunglah orang yang ketika terbenamnya matahari dalam keadaan berzikir kepada Allah Ta'ala. Setelah itu bila telah masuk waktu Maghrib dan mendengar azan hendaknya membaca doa sesudah azan. Selanjutnya dianjurkan juga membaca doa-doa lainnya. 

ولتغرب عليك الشمس وأنت في الاستغفار. فإذا سمعت الأذان ، فأجب ، وقل بعده: اللهم إني أسألك عند إقبال ليلك ، وإدبار نهارك ، وحضور صلاتك ، وأصوات دعاتك ، أن تؤتي محمدا الوسيلة. والدعاء كما سبق. 

Dan terbenam atasmu matahari ketika engkau dalam keadaan beristighfar. Maka bila engkau mendengar adzan maka jawablah setelahnya dengan berdoa: Allahumma inny asaluka 'inda iqbali lailika wa idbaari naharika, wa hudhuri sholaatika, wa ashwatu du'atika, an tutiya Muhammad Al washilata. Dan berdoa seperti yang sebelumnya (yang sudah diajarkan dalam pembahasan sebelum ini).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement