Rabu 06 Sep 2023 12:04 WIB

15 Pengakuan Orientalis Non-Muslim Ini Tegaskan Alquran Murni tak Ada Kesalahan

Allah SWT menjaga Alquran secara langsung

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi anak mengaji Alquran.  Allah SWT menjaga Alquran secara langsung
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi anak mengaji Alquran. Allah SWT menjaga Alquran secara langsung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah SWT dan Dia pula yang menjamin akan menjaga Alquran secara langsung.

Penegasan ini sebagaimana termaktub dalam Alquran surah al-Hijr ayat 9 yang menyatakan sebagai berikut:

Baca Juga

 إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."

Bahkan, kalangan sarjana non Muslim yang mengkaji Islam pun mengakui terjaganya Alquran dari kesalahan. Berikut ini daftar 15 orientalis non-Muslim beserta buku yang mencantumkan pengakuan mereka, dan pernyataan yang mengakui terjaganya Alquran dari kesalahan.

 

1. Philips Hatti (Taarikh Al 'Arab)

"Mereka yang mempelajari Alquran, termasuk para kritikus ilmu pengetahuan modern, telah sepakat mengenai keaslian narasi dalam salinan-salinan Alquran yang beredar saat ini. Salinan-salinan tersebut hampir identik dengan aslinya yang disetujui oleh Zaid. Dan teks Alquran yang dikenal saat ini adalah sebagaimana yang diwahyukan kepada Muhammad."

2. Stanley Lane Poole (Selections from The Kur-an)

"Merupakan keistimewaan besar Alquran karena keasliannya tidak diragukan lagi. Dan kata-kata yang kini dapat kita baca dengan akurat tetap tidak berubah selama hampir tiga belas abad."

3. Hamilton Gibb (Mohammedanism)

"Dapat dipastikan, bahwa teks Alquran tidak diubah. Bentuk asli dan isi perkataan Muhammad (Alquran) telah dijaga dengan sangat akurat.

4. Bosworth Smith (Mohammed and Mohammedanism)

"Kita punya buku yang unik dari sisi jenisnya, dari sisi penjagaannya, dan juga dari sisi isinya. Tidak ada seorang pun yang pernah berhasil memunculkan keraguan serius mengenai itu."

Baca juga: 8 Dalil Berikut Ini Semoga Membuat Kita Segera Terinspirasi Baca Alquran

5. Neal Robinson (Christ in Islam and Christianity)

"Secara umum, warisan Islam telah diterima secara luas oleh para sarjana non Muslim. Artinya, mayoritas orientalis dengan spesialisasi pada studi Islam menyatakan bahwa pencatatan warisan Islam ini (Alquran) dapat diandalkan dan tidak ada kesalahan di dalamnya."

6. Kenneth Cragg ( The Call of The Minaret)

"Tidak ada keraguan bahwa apa yang ada dalam Alquran saat ini hakekatnya adalah apa yang disampaikan Nabi saat menerima wahyu. Apa yang didiktekan beliau dalam hal wahyu tidak menyimpang dari kitab ini."

Baca juga: 14 Keistimewaan Alquran yang Tak Terbantahkan Sepanjang Masa 

7. Andrew Rippin (Approaches to the History of the Interpretation of the Qur'an)

"Pencatatan Alquran setelah wafatnya Muhammad pada dasarnya stabil dan tidak tersebar. Hanya ada satu teks."

8. Bernard Lewis (Al Islam fii Al Taarikh)

"Tidak ada perdebatan atau perbedaan pendapat mengenai keakuratan teks Alquran, keasliannya, dan kelayakannya untuk dipercaya." 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement