Rabu 06 Sep 2023 06:45 WIB

70 Ribu Malaikat Doakan Orang yang Menjenguk Saudaranya yang Sakit

Menjenguk orang sakit merupakan salah satu bentuk ibadah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Menjenguk orang sakit di rumah sakit (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Menjenguk orang sakit di rumah sakit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjenguk orang sakit merupakan salah satu bentuk ibadah. Terdapat pahala yang besar bagi orang yang mau menjenguk saudaranya yang sakit.

Saat seorang Muslim melangkahkan kakinya dan berniat membesuk saudaranya yang sakit karena Allah ta'ala, dan ingin memberikan semangat pada saudaranya, ingin menggembirakan saudaranya yang sakit, dan mendoakan saudaranya agar Allah ta'ala memberikan kesembuhan, maka sejatinya Muslim itu sedang membuka pintu-pintu rahmat bagi dirinya sendiri.

Baca Juga

Sebab, ketika ia menjenguk saudaranya yang sakit, akan ada 70 ribu malaikat yang berdoa kepada Allah memohonkan rahmat agar diturunkan kepada orang yang menjenguk saudaranya yang sakit. Bahkan, bagi orang-orang yang mau menjenguk saudaranya yang sedang sakit telah disiapkan surga dan buah-buahannya.

Sebagaimana dijelaskan dalam kitab at Targib wat Tarhib terdapat sebuah hadits nabi Muhammad SAW yang menjelaskan keutamaan membesuk orang yang sakit.

 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَامِنْ مُسْلِمٍ يَعُوْدُمُسْلِمًاغَدْوَةً اِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِى وَاِنْ عَادَعَشِيَّةً اِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ وَكَانَ لَهُ خَرِيْفٌ فِى الْجَنَّةِ.

Rasulullah ﷺ bersabda tidak ada seorang Muslim yang membesuk sesama Muslimnya yang sakit pada waktu pagi kecuali akan mendoakan tujuh puluh ribu malaikat hingga waktu sore bagi Muslim yang menjenguk itu. Dan bila seorang Muslim itu membesuk pada waktu sore maka mendoakan tujuh puluh ribu malaikat hingga waktu pagi. Dan bagi Muslim yang membesuk saudaranya itu buah-buahan yang terpetik dari dalam surga. (HR Turmudzi).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement