Senin 04 Sep 2023 19:53 WIB

5 Rahasia di Balik Perintah Membaca Alquran yang Disampaikan Rasulullah SAW

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Membaca Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Membaca Alquran (ilustrasi). Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Membaca Alquran adalah salah satu amal saleh yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Hendaknya seorang Muslim tidak meninggalkan amal ibadah tersebut, karena ada banyak faedah yang dihasilkan darinya.

Selain itu juga terdapat beberapa rahasia di balik amalan membaca Alquran atau tilawah Alquran. Apa saja rahasia yang dimaksud? Berikut ini 5 rahasia di balik amalan tilawah Alquran yang jarang diungkap.

Baca Juga

1. Allah SWT memerintahkan Nabi SAW untuk tilawah Alquran Perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk tilawah Alquran diabadikan dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ  أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَنْ أَتْلُوَ الْقُرْآنَ ۖ فَمَنِ اهْتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَهْتَدِي لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ ضَلَّ فَقُلْ إِنَّمَا أَننَا مِنَ الْمُنْذِرِينَ 

"Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri. Dan supaya aku membacakan Al Quran (kepada manusia). Maka barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya ia hanyalah mendapat petunjuk untuk (kebaikan) dirinya, dan barangsiapa yang sesat maka katakanlah: "Sesungguhnya aku (ini) tidak lain hanyalah salah seorang pemberi peringatan." (QS An Naml ayat 91-92) 

2. Satu huruf dihitung 10 kebaikan

Satu huruf pada setiap ayat Alquran yang dibaca, itu diganjar dengan 10 kebaikan. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

 من قرأ حرفًا من كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول: (الم) حرف، ولكن: ألف حرف، ولام حرف، وميم حرف

"Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak mengatakan bahwa ألم (alif laam mim) itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi)

Baca juga: Kecemburuan Hafshah, Putri Umar Bin Khattab yang Memicu Turunnya Ayat Alquran

3. Derajat shohibul Quran di surga tergantung amalannya terhadap Alquran

Derajat orang yang disebut Shohibul Quran (sahabat Alquran) di surga kelak, tergantung pada apa yang dikerjakannya dengan Alquran, dan ayat-ayat Alquran yang dibacanya. Dalam riwayat Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: يقال لصاحب القرآن: اقرأ وارتق، ورتل كما كنت ترتل في الدنيا فإن منزلتك عند آخر آية تقرأها

"Dikatakan kepada Shohibul Qur'an (di akhirat), 'Bacalah Alquran dan naiklah (ke surga) serta tartilkanlah (bacaanmu) sebagai mana engkau tartilkan sewaktu di dunia. Sungguh kedudukan dan tempat tinggalmu (di surga) berdasarkan akhir ayat yang engkau baca'." (HR Tirmidzi dan Abu Dawud)  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement