Senin 04 Sep 2023 15:14 WIB

Lima Kandungan Makna Ayat Kursi yang Mesti Dipahami Muslim

Ayat kursi sering dibaca oleh umat Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Pengunjung melihat lukisan koleksi Museum Aceh berjudul Ayat Kursi karya Sayed Rabadian yang ditampilkan pada pameran Menyingkap Pesan Dalam Goresan di Banda Aceh, Aceh, Rabu (24/3/2021).
Foto:

3. Memberi Pesan Agar Berdoa dengan Asma Allah

Salah satu hal terbesar yang mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT, adalah doa dengan nama-nama Allah atau Asmaul Husna, dan doa dengan lafadz-ladadz mulia yang telah Dia berikan kepada para hamba-Nya.

Allah SWT berfirman, "Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS Al A'raf ayat 180)

4. Mengandung Pondasi Tauhid dalam Islam

Ayat Kursi mengandung pondasi tauhid dalam Islam, yakni penyatuan nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT beserta maknanya. Ini meneguhkan apa yang telah Allah tetapkan bagi diri-Nya dengan nama-nama yang terindah (Asmaul Husna).

5. Mengandung Ismul A'dzhom

Ayat Kursi mengandung Ismul A'zhom atau Ism Al A'zhom, atau nama-nama yang agung. Ismul A'dzhom ini ibarat permata dari Asmaul Husna. Doa dengan Ismul A'dzhom yang dipanjatkan oleh seseorang yang ikhlas dengan Ismul A'dzhom itu, terkabul.

Itu karena kandungannya yang agung dan berisi rasa syukur yang besar kepada Allah SWT. Di dalamnya pula, terdapat rahasia sifat-sifat Allah dan kebesaran kekuasaan Allah SWT.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement