Senin 04 Sep 2023 15:14 WIB

Lima Kandungan Makna Ayat Kursi yang Mesti Dipahami Muslim

Ayat kursi sering dibaca oleh umat Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Pengunjung melihat lukisan koleksi Museum Aceh berjudul Ayat Kursi karya Sayed Rabadian yang ditampilkan pada pameran Menyingkap Pesan Dalam Goresan di Banda Aceh, Aceh, Rabu (24/3/2021).
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Pengunjung melihat lukisan koleksi Museum Aceh berjudul Ayat Kursi karya Sayed Rabadian yang ditampilkan pada pameran Menyingkap Pesan Dalam Goresan di Banda Aceh, Aceh, Rabu (24/3/2021).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ayat Kursi merupakan ayat dalam Alquran yang sering dibaca oleh umat Muslim. Biasanya ayat tersebut dibaca setelah selesai melaksanakan sholat lima waktu. Sebagaimana riwayat dari Abu Umamah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Baca Juga

"Siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai sholat yang diwajibkan, tidak ada yang menghalanginya masuk surga, kecuali (dia) meninggal dunia." (HR An Nasai)

Surat Al Baqarah ayat 255 atau Ayat Kursi berbunyi:

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

Ada kandungan makna yang penuh kemuliaan pada Ayat Kursi ini. Berikut ini 5 kandungan makna pada ayat kursi:

1. Ayat yang Memperkenalkan Allah

Ayat Kursi adalah ayat yang membuat siapapun mengenal Allah. Mengenal kepada Sang Pencipta, dan kebenaran tentang Tuhan. Ketika sudah sampai di titik ini, maka telah menemukan segalanya, menemukan kehidupan, baik dunia dan akhirat.

Ayat itu pula yang membuat seorang Muslim merasakan nikmatnya hidup, sekalipun dia adalah orang yang miskin. Tetapi hati dipenuhi dengan pengharapan besar kepada Allah. Ayat Kursi memuat doa dan dzikir terbaik. Rasulullah SAW pun menganjurkan membaca ayat Kursi sebagai dzikir yang dibaca setelah sholat wajib.

2. Mengandung Ilmu Keimanan yang Paling Mulia

Ilmu keimanan yang paling mulia adalah ilmu yang mengenal Allah SWT. Ilmu yang hakiki tentang Allah itulah yang membuat seorang hamba mengenal-Nya, mengisi hatinya dengan cahaya keyakinan, dan membuatnya menyaksikan hakekat keimanan dan perwujudan nama-nama Allah SWT yang paling indah serta sifat-sifat-Nya yang agung.

Sehingga, ayat Kursi itulah yang dapat membuat hati seorang Muslim dekat pada Allah SWT dan berjalan menuju-Nya. Dengan penuh keagungan, ketakwaan dan harapan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement