Ahad 27 Aug 2023 11:06 WIB

Bolehkah Berwasilah dengan Membaca Alquran Agar Hajat Terkabul?

Bacaan Alquran akan menenangkan hati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi tawasul dengan bacaan Alquran.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Ilustrasi tawasul dengan bacaan Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah kalam Allah Yang Maha Agung. Dengan membacanya, seorang hamba akan terhubung dengan Allah ta'ala. Namun, bolehkah berwasilah dengan membaca Alquran agar hajat terkabul?

Para ulama ahlussunah wal jamaah berpendapat bahwa boleh bagi seorang Muslim bertawasul dengan amal saleh yang dimilikinya, termasuk bertawasul dengan bacaan Alquran. 

Baca Juga

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan. 

Rasulullah SAW bersabda : 

اقرؤوا القرآن وسلوا الله به قبل أن يأتي قوم يقرءون القرآن فيسألون به الناس

Bacalah Al-Qur'an dan bertawasul pada Allah dengan bacaan Alquran tersebut sebelum suatu kaum datang membaca Alquran dan meminta pada manusia (HR. Ahmad).

Dalam hadits lainnya disebutkan:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ عَبَّادٍ الْعَبْدِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ الْهَمْدَانِيُّ عَنْ عَمْرِو بْنِ قَيْسٍ عَنْ عَطِيَّةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ مَنْ شَغَلَهُ الْقُرْآنُ وَذِكْرِي عَنْ مَسْأَلَتِي أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِي السَّائِلِينَ وَفَضْلُ كَلَامِ اللَّهِ عَلَى سَائِرِ الْكَلَامِ كَفَضْلِ اللَّهِ عَلَى خَلْقِهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Syihab bin 'Abbad Al 'Abdi telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Hasan bin Abu Yazid Al Hamdani dari Amru bin Qais dari Athiyyah dari Abu Sa'id ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Rabb Azza wa Jalla berfirman; "Barang siapa disibukkan oleh Al Quran dan berdzikir kepadaku untuk memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberikan kepadanya sesuatu yang terbaik dari yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon," dan kelebihan kalamullah (Al Quran) dari seluruh kalam adalah seperti kelebihan Allah dari seluruh makhlukNya." Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. (HR. Tirmidzi) .

Syekh Al Mubarakfury dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi berpendapat bahwa bertawasul kepada Allah dengan membaca Alquran dari perkara-perkara dunia dan akhirat, atau bila membaca ayat-ayat yang mengandung maka dianjurkan meminta rahmat pada Allah. Atau bisa juga memohon pada Allah usai membaca Alquran dengan berdoa. 

Oleh karena itu, ketika membaca Alquran awali dengan niat ikhlas karena Allah ta'ala mengharapkan ridho-Nya dan semata-mata menjalankan perintah-Nya. Lalu memohon kepada Allah dengan wasilah keberkahan membaca Alquran agar Allah ta'ala mengabulkan setiap hajat.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement