Ahad 27 Aug 2023 05:22 WIB

Berkah Bagi Orang yang Berdoa

Allah memberkahi hamba yang berdoa.

Orang tengah berdoa (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang tengah berdoa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah memberkahi orang yang banyak berdoa. Hal ini sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW:

"Sesungguhnya Allah memberkati seseorang yang mempunyai kebutuhan lalu banyak berdo’a kepada Allah (untuk mendapatkannya), apakah orang itu diberi atau tidak.” (HR. Khathib dari Jabir)

Baca Juga

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman. Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah, mohonlah kepada Allah agar keinginan terpenuhi.

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya.

Dalam surah Al-Mu'min ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah.

Dalam surat Al Ahqaf ayat 5, Allah berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئِهِمْ غَٰفِلُونَ

Wa man aḍallu mim may yad'ụ min dụnillāhi mal lā yastajību lahū ilā yaumil-qiyāmati wa hum 'an du'ā`ihim gāfilụn

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?

Maka dari itu, berdasarkan hadis dan ayat Alquran di atas, Buya Alfis Chaniago mengatakan, barang siapa yang banyak berdoa kepada Allah, maka ia akan dilimpahi banyak keberkahan. Dan, siapa saja yang berdoa kepada selain Allah, dia akan tersesat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement