Kamis 24 Aug 2023 08:55 WIB

Anjuran Membaca Surat Yasin Ketika Ziarah atau Ada Orang yang Meninggal

Surat Yasin mempunyai wasilah bagi yang membaca dan ahli kubur.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga berziarah kubur di Pemakaman Umum Belender, Kebon Pedes, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/5/2022). Ziarah kubur pada Idul Fitri menjadi tradisi sebagian masyarakat selain untuk mendoakan keluarganya yang telah meninggal juga dijadikan ajang silaturahim.
Foto:

Boleh juga membaca surat Al Baqarah. Para ulama ahlusunah wal jamaah biasanya membaca awal surat Al Baqarah, ayat Kursi, dan akhir surat Al Baqarah.

ويروى عن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما أنه أمر أن يقرأ عند قبره سورة البقرة.

Dan diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar bin Khattab bahwa dia disuruh ayahnya membaca surat Al Baqarah di sisi kuburannya.

Membaca surat Yasin dapat dilakukan ketika ziarah kubur atau saat ada yang meninggal.

وقد روي إباحة قراءة القرآن عند القبر عن العلاء بن عبد الرحمن. وذكر النسائي وغيره من حديث معقل بن يسار المدني رضي الله عنه عن النبي ﷺ أنه قال: اقرؤوا سورة يس عن موتاكم. وهذا يحتمل أن تكون هذه القراءة عند الميت في حال موته ، ويحتمل أن يكون عند قبره.

Diriwayatkan tentang bolehnya membaca Alquran di kuburan dari Al Ala bin Abdurrahman, -dan disebutkan oleh Nasa'i dan lainnya - dari hadits Ma'qil bin Yashar Al Madani, Rasulullah SAW bersabda: Bacakan olehmu surat Yasin untuk saudara-saudaramu yang meninggal, yaitu saat akan meninggal dunia dan saat akan dikuburkan.

photo
Infografis Adab Ziarah Kubur - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement