Kamis 24 Aug 2023 08:19 WIB

Aisyah Wanita Cerdas yang Banyak Riwayatkan Hadits

Aisyah merupakan istri Nabi yang paling muda.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ngaji hadits nabi. Aisyah meriwayatkan banyak hadits.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi ngaji hadits nabi. Aisyah meriwayatkan banyak hadits.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aisyah merupakan wanita yang paling banyak meriwayatkan hadits dan memiliki keunggulan dalam berbagai cabang ilmu di antaranya ilmu fikih, kesehatan, dan syair Arab. Beliau adalah wanita yang sangat dalam keilmuannya.

Seperti dikutip dari buku the Wonderful Ummahatul Mukminim oleh Erlan Iskandar, Terdapat beberapa pengakuan dari para sahabat dan tabi'in tentang kecerdasan ibunda, Aisyah radhiyallahu 'anha.

Baca Juga

Abu Musa al-Asy’ari berkata, “Tidaklah kami kebingungan tentang suatu hadits lalu kami bertanya kepada Aisyah, melainkan kami mendapatkan jawaban dari sisinya.” (HR. AtTirmidzi)

Az-Zuhri bertutur, “Apabila ilmu Aisyah dikumpulkan dengan ilmu seluruh para wanita lain maka ilmu Aisyah lebih utama.” (HR. Hakim)

 

Urwah bin Zubair bercerita, "Aku tidak mengetahui seorangpun yang lebih mengetahui ilmu fikih, pengobatan dan syair melebihi Aisyah." (Thabaqat Ibnu Sa'ad)

Adapun Aisyah merupakan istri Nabi yang paling muda. Ia satu-satunya istri yang dinikahi ketika masih gadis. Aisyah dinikahi Nabi ketika berusia enam tahun. Namun, ia mulai hidup mendampingi Nabi ketika ia sudah berusia baligh, yakni sekitar usia sembilan tahun.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menikahi Aisyah yang masih berumur belia berdasarkan wahyu dari langit. Nabi bermimpi selama tiga malam dan diperlihatkan wajah Aisyah oleh Malaikat JIbril.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement