Selasa 22 Aug 2023 08:13 WIB

3 Amalan dari Habib Umar bin Hafidz Agar Istiqamah dan Hati Bersih

Habib Umar bin Hafidz banyak menganjurkan Umat Islam berdoa.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Habib Umar bin Hafidz
Foto: Youtube
Habib Umar bin Hafidz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Habib Umar bin Hafidz menyampaikan sejumlah amalan yang bermanfaat agar terus istiqamah berada di jalan Allah SWT. Ini disampaikannya dalam kunjungannya ke Indonesia selama beberapa hari ini. Diketahui, Habib Umar akan mengisi acara Tabligh Akbar di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik pada Selasa (22/8/2023).

Dalam tayangan yang disiarkan di kanal Youtube Nabawi TV, digambarkan bagaimana vokalis band Wali, Fa'ank, bertanya beberapa hal kepada Habib Umar bin Hafidz. Salah satunya, apa saja amalan yang bisa dilakukan agar seorang Muslim dijauhkan dan dilindungi dari perbuatan maksiat.

Baca Juga

Kemudian Habib Umar bin Hafidz memberikan penjelasan atas pertanyaan Fa'ank, setelah diterjemahkan oleh Habib Jindan yang duduk di sebelah ulama sufi yang berasal dari Yaman itu.

Habib Umar menjelaskan, sebanyak dan sesering apa pun dosa atau kesalahan yang dilakukan, jangan pernah berhenti atau bermalas-malasan untuk bertobat dan kembali kepada Allah. Karena setan memiliki misi untuk selalu menjebloskan seseorang ke dalam kemaksiatan.

Setan itu musuh Allah, dan Allah membukakan pintu taubat seluas-luasnya untuk menggagalkan upaya setan. Maka ketika seseorang sering kali atau berulang kali kembali berbuat dosa, lalu taubat, dan berbuat dosa lagi, maka selalu bertaubatlah berulang kali kepada Allah.

"Sebanyak apa pun kita terpuruk dalam kemaksiatan, maka perbanyak selalu taubat kita kepada Allah, sebagaimana musuh kita setan yang ingin menghinakan kita dengan maksiat kepada Allah, maka hinakan dan kecewakan setan dengan bertaubat lagi kepada Allah," katanya menambahkan.

Misalnya ketika ada orang yang mencaci maki orang shaleh dengan cacian yang provokatif, maka orang shaleh yang dicaci itu cukup berkata kepada pencacinya, "Sungguh saya akan membuat kesal dalang yang memprovokasi engkau untuk mencaci saya."

Dengan cara apa membuat setan kesal dan kecewa? Dengan memaafkan orang yang mencaci tersebut, membersihkan hati, dan tetap mencintai si pencaci. Sehingga setan pun kecewa dan gagal berupaya menjebloskannya ke dalam perbuatan dosa.

Habib Umar bin Hafidz memberikan dua amalan untuk membersihkan hati dan jauh dari kecenderungan menyimpang dari jalan Allah ta'ala. Berikut ini dua amalan yang dipesankan oleh Habib Umar bin Hafidz:

 

Lihat halaman Selanjutnya >>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement