Senin 21 Aug 2023 12:30 WIB

Apa Dampak Membaca Ayat Kursi Saat Ziarah Kubur?

Dianjurkan saat ziarah kubur membaca ayat kursi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Membaca ayat Kursi saat ziarah kubur (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Membaca ayat Kursi saat ziarah kubur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Dianjurkan ketika berziarah kubur untuk membaca Alquran yang niat agar pahalanya juga diberikan kepada ahli kubur. Salah satu ayat yang dianjurkan untuk dibaca ketika berziarah kubur adalah surat Al Baqarah ayat 255 atau disebut juga ayat kursi. 

Ada banyak keutamaan ketika seseorang yang berziarah kubur membaca ayat kursi. Di antaranya adalah Allah SWT akan meneranngi dan memperluas kuburnya orang-orang mukmin. Selain itu bagi orang yang membacanya pun akan mendapatkan keutamaan yakni derajat yang tinggi dan pahala seperti pahalanya 60 nabi. Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang membaca ayat kursi tersebut berkali-kali lipat, bahkan dicatat 10 kali kebaikan dari tiap kubur yang diziarahi. Keterangan ini sebagaimana disebutkan dalam  riwayat berikut: 

Baca Juga

وروي من حديث أنس خادم رسول الله صلى الله عليه و سلم أنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : إذا قرأ المؤمن آية الكرسي ، و جعل ثوابها لأهل القبور ، أدخل الله تعالى في كل قبر مؤمن من المشرق إلى المغرب أربعين نوراً ، و وسع الله عز و جل عليهم مضاجعهم ، و أعطى الله للقارئ ثواب ستين نبياً ، و رفع له بكل ميت درجة ، و كتب له بكل ميت عشر حسنات 

Artinya: Dari Anas Radhiyallahu Anhu, khodimnya Rasulullah SAW, bahwa Anas berkata: Rasulullah SAW bersabda: Apabila seorang mukmin membaca ayat Kursi, dan menghadiahkan pahalanya kepada ahli kubur, maka Allah‎ ta'ala memasukkan ke dalam tiap-tiap kubur orang mukmin dari timur sampai barat 40 cahaya. Dan Allah Azza wa Jalla memperluas untuk ahli-ahli kubur tempat tidurnya. Dan Allah  memberikan kepada pembaca ayat kursi tersebut pahala 60 orang nabi, dan dia dinaikkan satu darjat bagi orang yang membacanya daripada tiap-tiap mayat yang dibacakan ayat kursi tersebut. 

Dan ditulis baginya 10 kebaikan daripada tiap-tiap mayat tersebut. (Lihat  kitab At Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 277).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement