Rabu 02 Aug 2023 19:30 WIB

Doa agar Dihindarkan dari Sesuatu yang Tidak Bisa Dipikul

Hidup kadang tidak semulus dan seindah rencana.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Rasulullah SAW mengajurkan membaca doa. Foto berdoa/Ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan
Rasulullah SAW mengajurkan membaca doa. Foto berdoa/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hidup kadang tidak semulus dan seindah rencana yang sudah kita susun dan targetkan. Dalam perjalanannya, sering kali kita menemui target-target yang meleset hingga kegagalan.

Hidup kita kerap dihadapkan pada kesulitan -kesulitan dan ujian yang berbeda. Beberapa harus menghadapi masalah ekonomi, beberapa yang lain masalah kesehatan, kehilangan orang terkasih, hingga hidup dalam keadaan yang menakutkan dan tidak aman.

Baca Juga

Dalam tiap-tiap kondisi tersebut, kita hanya bisa memohon dan berdoa kepada Allah swt agar diberikan kemampuan untuk menghadapinya. Serta berdoa agar dihindarkan dari ujian yang tidak mampu kita hadapi.

Lantas bagaimana doanya agar kita dihindarkan dari musibah yang tidak bisa kita pikul? Dikutip dari buku Syajaratul Ma'rifat karya Syaikh Al-Izz bin Abdus Salam, caranya dengan membaca doa ini:

 

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS Al Baqarah ayat 286)

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement