Rabu 02 Aug 2023 01:05 WIB

Sebelum Ilmuwan Modern, Alquran Lebih Dulu Mengungkap Mumi Firaun

Ketika Firaun di tengah laut yang terbelah, dia ditenggelamkan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sebelum Ilmuwan Modern, Alquran Lebih Dulu Mengungkap Mumi Firaun
Foto: AP/Jeremias Gonzalez
Sebelum Ilmuwan Modern, Alquran Lebih Dulu Mengungkap Mumi Firaun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Firaun adalah julukan terhadap penguasa di era Mesir kuno. Ada beberapa Firaun di Mesir yang pernah berkuasa, di antaranya ada Firaun yang hidup sezaman dengan Nabi Musa Alaihissalam.

Firaun yang hidup di zaman Nabi Musa Alaihissalam tersebut yang dikisahkan di dalam Alquran. Diceritakan dia mengejar Nabi Musa Alaihissalam sampai ke Laut Merah, saat Nabi Musa Alaihissalam atas izin dan kehendak Allah SWT membelah lautan.

Baca Juga

Ketika Firaun di tengah laut yang terbelah, dia ditenggelamkan. Sementara, Nabi Musa dan orang-orang yang ikut bersama Nabi Musa sudah berhasil menyeberangi Laut Merah.

Di National Museum of Egyptian Civilization (NMEC), Kairo, Mesir, pada September 2022 terdapat beberapa jasad Firaun dari masa ke masa. Jasad tersebut telah menjadi mumi atau diawetkan.

 

Ada salah satu mumi Firaun yang mengandung banyak sisa garam laut. Mumi Firaun yang satu ini juga diperkirakan hidup sezaman dengan Nabi Musa Alahisslam. Diduga kuat, mumi Firaun yang mengandung banyak sisa garam dan warnanya berbeda itu yang tenggelam di Laut Merah saat mengejar Nabi Musa.

Di dalam buku Alquran dan Sains, KH Ahmad Sarwat mengutip ayat Alquran yang menerangkan jasad Firaun yang mengejar Nabi Musa masih utuh untuk dijadikan pelajaran.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement