Ahad 30 Jul 2023 13:54 WIB

Hadits Nabi SAW yang Rangkum 3 Perkara Penyelamat, 3 Perusak, dan 3 Pengangkat Derajat

Rasulullah SAW menjelaskan perkara perusak dan penyelamat umat manusia

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Warga berdoa (ilustrasi).Rasulullah SAW menjelaskan perkara perusak dan penyelamat umat manusia
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Warga berdoa (ilustrasi).Rasulullah SAW menjelaskan perkara perusak dan penyelamat umat manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam bukunya Nashaihul Ibad menjelaskan tiga perkara yang dapat membuat seseorang selamat, rusak, terangkat derajatnya, dan terhapusnya dosa.

Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, dijelaskan bahwa Syekh Nawawi al-Banteni menukilkan riwayat yang diriwayatkan Abdurrahman bin Shakhr dan Abu Hurairah. Mereka berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut.

Baca Juga

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : " ثَلاثَلاثٌ مُنْجِيَاتٌ ، وَثَلاثٌ مُهْلِكَاتٌ ، فَأَمَّا الْمُنْجِيَاتُ : فَتَقْوَى اللَّهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلانِيَةِ ، وَالْقَوْلُ بِالْحَقِّ فِي الرِّضَا وَالسُّخْطِ ، وَالْقَصْدُ فِي الْغِنَى وَالْفَقْرِ ، وَأَمَّا الْمُهْلِكَاتِ : فَهَوًى مُتَّبِعٌ ، وَشُحٌّ مُطَاعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ ، وَهِيَ أَشَدُّهُنَّ "

"Tiga perkara dapat menyebabkan selamat, tiga perkara dapat menyebabkan rusak, tiga perkara dapat mengangkat derajat, dan tiga perkara sebagai penebus dosa. Adapun tiga perkara yang menentukan keselamatan seseorang itu adalah takwa kepada Allah, baik dalam keadaan sepi maupun ramai. Penuh kesederhanaan baik ketika dalam keadaan fakir maupun berkecukupan. Bersikap adil, baik pada waktu senang maupun ketika sedang marah.  

 

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Tiga perkara yang dapat menyebabkan rusak itu adalah bakhil (kikir) yang berlebihan, memperturutkan hawa nafsu, dan membanggakan diri sendiri."

وَأَمَّا الدَّرَجَاتُ: فَإِطْعَامُ الطَّعَامِ، وَإِفْشَاءُ السَّلامِ، وَالصَلَاةُ بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ

"Adapun tiga perkara yang dapat mengangkat derajat seseorang itu adalah membiasakan salam, memberi makan orang yang butuh makan, dan mengerjakan sholat malam ketika orang-orang sedang tidur."

وَأَمَّا الْكَفَّارَاتُ: فَانْتِظَارُ الصَلَاةِ بَعْدَ الصَلَاةِ، وَإِسْبَاغُ الْوُضُوءِ فِي السَّبَرَاتِ، وَنَقْلُ الْأَقْدَامِ إِلَى  الْجَمَاعَاتِ،

"Adapun tiga perkara sebagai penebus dosa itu adalah menyempurnakan wudhu ketika cuaca sangat dingin, berangkat mengerjakan sholat berjamaah, dan tetap duduk menanti sholat berikutnya setelah selesai mengerjakan sholat." 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement