Jumat 28 Jul 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Komitmen Menjaga Lingkungan

Menjaga kelestarian alam dan lingkungan adalah juga perintah Allah dan ajaran Nabi.

Orang tua bersama anaknya bersiap menanam pohon durian di kawasan Gunung Sasak, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (29/11/2022).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Orang tua bersama anaknya bersiap menanam pohon durian di kawasan Gunung Sasak, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (29/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Rheza Firmansyah, Dosen Prodi Ilmu Hukum Universitas Siber Muhammadiyah dan Anggota Majelis Hukum dan HAM PWM DIY

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ ,يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Baca Juga

Jamaah jum’ah Rakhimakumullah

Di kesempatan yang mulia ini marilah senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala dengan ketakwaan yang sebesar- besarnya, yaitu mengamalkan apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, serta menjauhi apa yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya Shallallahu ‘alaihi wa salam.

 

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi kita, Muhammad Shallahu ‘alaihi wa Sallam, kemudian, keluarga, sahabat- sahabatnya, serta pengikutnya sanpai akhir zaman.

Jamaah jum’ah Rakhimakumullah

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan efek perubahan iklim disebabkan oleh bahan bakar fosil, batu bara, minyak dan gas. Semua ini merupakan penyumbang terbesar perubahan iklim, 75% emisi gas rumah kaca, dan 90% seluruh emisi karbon dioksida.

Menurut WHO perubahan iklim berdampak pada kehidupan sosial dan kesehatan manusia, seperti air bersih dan air minum yang sehat, makanan yang cukup, dan tempat berlindung yang aman. Pada 2030 sampai 2050 nanti, perubahan iklim diperkirakan akan menyebabkan 250.000 kematian jiwa per tahun, akibat malnutrisi, malaria, diare, dan tekanan panas.

sumber : https://web.suaramuhammadiyah.id/2023/07/21/komitmen-menjaga-lingkungan/
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement