Jumat 21 Jul 2023 03:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menumbuhkan Semangat Baru di Tahun Baru

Orang yang berusaha meningkatkan ketaatan akan mendapat balasan istimewa dari Allah.

Sejumlah peserta membaca Al Quran saat Bogor Ngaos (Ngaji) Al Quran di Taman Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/7/2023). Kegiatan Bogor Ngaos Al Quran ketiga yang diikuti sekitar seribu peserta dari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah sekaligus untuk mendakwahkan dan mensyiarkan membaca Al Quran bagi umat Islam.
Foto:

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan adalah dengan cara menata kembali masa depan menjadi lebih baik dan lebih positif. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengatur kembali waktu dan segala kegiatan yang ada, khususnya saat ini kita semua berada pada awal tahun baru Islam.

Maka sudah seharusnya tidak hanya tahunnya yang baru, namun juga harus menumbuhkan semangat baru. Menumbuhkan semangat baru di tahun baru merupakan salah satu ajaran Al-Qur’an, di mana Allah swt menegaskan kepada kita semua perihal pentingnya selalu berusaha untuk terus meningkatkan semua kualitas dan kuantitas.

Jaminan yang akan didapatkan adalah akan ditampakkan kepada mereka jalan-jalan yang benar. Berkaitan dengan hal ini, Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

Artinya, “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-‘Ankabut [30]: 69).

Berkaitan dengan ayat ini, Imam Fakhruddin ar-Razi dalam kitab tafsir Mafatihul Ghaib menjelaskan bahwa ayat ini menjelaskan perihal jaminan dan balasan dari Allah bagi orang-orang yang terus berusaha untuk selalu meningkatkan semangat dalam melakukan ketaatan, yaitu akan ditunjukkan kepada mereka jalan yang benar.

Orang-orang yang terus berusaha untuk selalu meningkatkan ketaatan dan kebaikan dalam hidupnya, akan mendapatkan balasan yang istimewa dari Allah. Karena itu, Allah mengajak kepada kita semua untuk terus semangat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam meningkatkan ketaatan, keimanan dan kebaikan. Allah swt berfirman:

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya, “Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS Yunus [10]: 26).

Dua ayat ini mengingatkan kita semua perihal pentingnya peningkatan ketaatan dan kebaikan dalam setiap harinya. Oleh karena itu, momentum tahun baru ini sudah seharusnya kita jadikan ajang untuk terus meningkatkan semangat baru dalam melakukan ibadah dan ketaatan kepada-Nya. Dengan demikian, maka tidak hanya tahunnya yang baru namun akan ada ketaatan dan kebaikan baru pula yang akan kita kerjakan.

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-menumbuhkan-semangat-baru-di-tahun-baru-CA6cw
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement