Kamis 20 Jul 2023 19:27 WIB

Sudah Makan tapi Belum Kenyang, Ini Sebabnya Menurut Nabi Muhammad

Hal ini merupakan sebab turunnya keberkahan makanan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Makanan ala prasmanan.
Foto: Pixabay
Makanan ala prasmanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang sebagian orang mendapati dirinya belum merasa kenyang setelah makan. Apa yang menjadi penyebabnya?

Dikutip dari buku Adab-Adab Makan Seorang Muslim oleh Aris Munandar dalam Syarah Riyadhus Shalihin Jilid VII hal 231 Syaikh Utsaimin menyatakan makan, namun tidak kenyang itu memiliki beberapa sebab sebagai berikut.

Baca Juga

1. Tidak menyebut nama Allah sebelum makan. Jika nama Allah tidak disebut sebelum makan, maka setan akan turut menikmatinya dan berkah makanan tersebut menjadi hilang.

2. Memulai makan dari sisi atas piring. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang mulai makan dari sisi atas piring karena pada sisi atas piring tersebut terdapat barakah sehingga yang tepat adalah makan dari sisi pinggir piring.

3. Makan sendiri-sendiri. Makan sendiri-sendiri berarti setiap orang memegang piring sendiri sehingga setiap makanan yang ada harus dibagi lalu berkah makanan dihilangkan. Hal ini menunjukkan sepatutnya makanan untuk sekelompok orang itu diletakkan dalam satu nampan baik berjumlah sepuluh ataupun lima orang hendaknya jatah makan untuk mereka diletakkan di satu piring yang cukup untuk mereka.

Karena hal ini merupakan sebab turunnya keberkahan makanan. Sekali lagi perlu ditegaskan makan sendiri-sendiri merupakan sebab hilangnya keberkahan makanan.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (HR Muslim no 2059)

Dalam Fathul Baari 9/446 Ibnu Hajar mengatakan, “Dalam hadits dari Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Thabrani terdapat keterangan tentang illat (sebab) terjadinya hal di atas. Pada awal hadits tersebut dinyatakan, ‘Makanlah bersama-sama dan janganlah sendiri-sendiri karena sesungguhnya makanan satu orang itu cukup untuk dua orang’.

Hadits ini menunjukkan bahwa makanan satu orang itu mencukupi untuk dua orang dan seterusnya adalah disebabkan keberkahan yang ada dalam makan bersama. Semakin banyak jumlah orang yang turut makan maka keberkahan semakin bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement